Senin, 01 Januari 2007

Validasi HTML Blog, Pentingkah?

Haruskah sebuah halaman web / blog valid (X)HTML? Sebuah halaman web atau blog sebaiknya memang Valid (X)HTML atau lolos validasi, tapi jika mengatakan bahwa itu adalah suatu keharusan mungkin terlalu berlebihan. Kita banyak menjumpai blog yang begitu antusias agar halaman blognya lolos validasi HTML.
Para pengguna mesin blogger ala blogspot harus rela menerima kenyataan bahwa mesin blog yang mereka gunakan tidak lolos validasi dari Cek HTML Validate.

Dari blog-blog yang ada, diantara mereka ada yang merasa tidak percaya diri bila memakai blogspot, bahkan yang lebih parah lagi ada yang rela migrasi dari blogger ke wordpress gara-gara urusan validasi ini.
Lagi-lagi dari apa yang pernah kita baca, mereka beranggapan bahwa sebuah halaman web yang valid (X)HTML akan sangat mendapatkan perhatian dari mesin telusur (search engine) atau dengan kata lain akan sangat SEO friendly. Benahkah?

Berangkat dari rasa penasaran, Anda bisa mencoba memeriksa sendiri validitas dari situs-situs raksasa yang ada di internet.

1. Google

Ada yang tidak kenal dengan dengan situs raksasa Google? Coba Anda lihat apakah Google lolos validasi W3C Validator? Dan ini hasil validasi yang didapatkan:

google invalid html

Upsss. menurut W3C Validator, halaman Google.com yang hanya seiprit mempunyai sampai 35 error dan 2 warning. Ternyata Google tidak terlalu perduli akan validasi dari W3C validator, ini terbukti dengan membiarkan halaman mereka tidak lolos HTML validator.

2. Yahoo

Pilihan kedua jatuh ke search engine raksasa Yahoo.com. Berharap bahwa Yahoo bisa lolos validasi. Berikut hasil pengecekannya:

yahoo invalid html

Duh. hasilnya mengatakan bahwa yahoo memiliki 161 error dan 32 warning. Lagi-lagi Yahoo.com juga tidak perduli akan kevalidan halaman web mereka.

3. Bing

Coba lihat validate situs raksasa Bing, mungkin akan lain hasilnya:

bing invalid html

Hasilnya mendapatkan 12 error. Ah, Bing juga tidak perduli dengan validasi HTML halaman web mereka.

4. Facebook

Mungkin karena ketiga situs diatas merupakan search engine, mereka kurang perduli akan kevalidan halaman web mereka, coba beralih ke situs jejaring sosial raksasa Facebook. Berikut hasilnya:

facebook invalid html

Tidak tahu kenapa ketika mengecek validasi dari Facebook.com, yang keluar hasilnya adalah untuk halaman http://m.facebook.com/?w2m&refsrc=http%3A%2F%2Fwww.facebook.com%2F&r1cc4a831. Tapi yang jelas hasilnya adalah mendapatkan 9 error.

5. Twitter

Yang suka berkicau, pasti kenal situs microblogging Twitter. Hasil validasinya:

twitter invalid html

Twitter.com mendapatkan 17 error dan 70 warning. Tidak valid juga ternyata.

6. Wordpress.com

Berharap mendapatkan hasil yang berbeda dari penyedia blog populer saat ini Wordpress.com. Hasilnya:


wordpress invalid html


Lagi, ternyata wordpress.com juga mendapatkan 9 error.

7. Matt Cutts Blog

Iseng-iseng mengintip dari blog SEO Google Matt Cutts. Mungkin hasilnya lain kali jika dari Master SEO:

mutt cutts blog invalid html

Oh no!. Master SEO google yang inipun mendapatkan 14 error untuk halaman depannya. Jadi, MasterSEO ini ternyata tidak terlalu perduli juga akan kevalidan halaman blog beliau.

Benarkah halaman yang valid HTML menjadi SEO friendly? Melihat dari contoh kasus diatas, sepertinya tidak mutlak. Apakah berpengaruh terhadap page rank? Mungkin, tapi tidak juga!
Data page rank situs yang dicontohkan (tentunya saat ini ) : Google.com (PR10), Yahoo.com (PR9), Bing.com (PR8), Facebook.com (PR10), Twitter.com (PR8), Wordpress.com (PR9). mattcutts.com/blog (PR7).

Menurut pandangan sendiri, membuat halaman web atau blog agar lolos validasi memang perlu dan sebisa mungkin lakukan seperti itu. Namun, hal tersebut jangan terlalu dibesar-besarkan, jangan terlalu membuang waktu dengan memaksakan halaman blog Anda harus bisa valid, fokuslah ke konten blog karena pengunjung melihat isi dari blog Anda bukan dari kevalidan blog Anda.

Catatan Tambahan :
  • Artikel diatas bukanlah suatu hal provokasi, hanyalah sebuah tulisan yang mungkin tanpa makna.
  • Hasil validasi diatas berlaku hanya pada saat artikel ini di publikasikan, jika Anda membacanya diwaktu yang akan datang, tentunya akan berbeda hasilnya.
  • Untuk Anda pengguna blogger yang notabene tidak valid HTML, tidak usah resah, Blog Anda dinilai dari isi blog Anda bukan dari segi validitas.
  • Untuk Anda yang sibuk dengan validasi, silahkan Lanjutkan, jangan terganggu dengan artikel ini. Langkah Anda sudah pada jalan yang benar.

Kompress CSS Blog Anda

Kompress CSS Blog
Loading blog yang lama membuat pengunjung menunggu dan akhirnya meninggalkan blog Anda. Berikut ini tips untuk mempercepat loading blog dengan cara mengkompres CSS blog. Loading blog yang cepat biasanya membuat pengunjung betah dan akan membaca tulisan Anda sepenuhnya serta akan mencoba membuka-buka berbagai link artikel yang ada dalam blog Anda.

Bayangkan saja, bila Anda menemukan suatu situs dari mesin pencari, lalu saat Anda masuk ke situs tersebut loadingnya terasa lambat sekali, pasti tidak lama Anda akan langsung close halaman tersebut? Kecuali bila Anda adalah seorang yang sabar menanti!

Teknik kompresi pada CSS dapat meningkatkan kinerja loading halaman blog Anda. Dalam arti disini adalah tidak jadi super cepat, tapi cenderung ke arah optimalisasi CSS, tergantung juga dengan kecepatan koneksi jaringan internet yang digunakan.

Baiklah, tanpa menunggu lagi ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut:

Anda pergi ke situs ini: Kompress CSS untuk kinerja loading blog menjadi lebih cepat. Situs ini merupakan layanan gratis dari CSS Drive - CSS Compressor yang biasanya digunakan untuk tujuan mengkompres CSS.
Disarankan untuk pemula yang masih awam di bidang CSS, jangan mencoba mode Super Compact dan Strip any comments.
Gunakan mode Light dan don't strip any comments terlebih dahulu. Untuk level kompresi yang lebih tinggi itu dapat dicoba pada tingkat kompresi pilihan Advanced mode tapi untuk pemula gunakan mode Light terlebih dahulu.

Sayangnya CSS Drive tidak memiliki fungsi uncompressed, jadi disarankan agar Anda memback-up dulu template blog Anda sebelum melakukan kompresi.

Masuk ke Blogger, Rancangan, Edit HTML, kode CSS biasanya terletak diantara kode <b:skin><![CDATA[ ---------------- dan --------------- ]]></b:skin>

Silahkan salin dan tempel pada kolom "Insert CSS" code di CSSDrive, lalu klik tombol "Compress-it!"

Di CSSDrive akan muncul hasil CSS yang dikompres, silahkan salin dan ganti kode CSS di blogspot dengan kode baru ini dengan cara paste overwrite/replace.Setelah itu tekan Save, Selesai.

Setelah Anda melakukan semua petunjuk di atas, sekarang sisipkan kode gzip ini:

<?php if (substr_count($_SERVER['HTTP_
ACCEPT_ENCODING'], 'gzip')) ob_start("ob_
gzhandler"); else ob_start(); ?>


atau kode ini:

<?php
ini_set('zlib.output_compression', 'On');
ini_set('zlib.output_compression_level', '1');
?>


di atas kode ini ,

<!DOCTYPE html PUBLIC "-//W3C//DTD XHTML
1.0 Strict//EN" "http://www.w3.org/TR/
xhtml1


Setelah itu simpan template blog Anda, blog Anda kini mempunyai kecepatan loading yang lumayan setelah Anda mengikuti tip-tipnya.

Selamat mencoba!

Agar Blog Terlihat Profesional

Blog Terlihat Profesional
17 tips agar halaman blog terlihat lebih Profesional:

1. Lakukan pengecekan halaman pada beberapa web browser yang berbeda: Tampilan halaman Anda begitu cantik di browser Firefox tetapi belum tentu bagus di browser IE atau Opera atau browser yang lain.
Ingat pengunjung blog Anda tidak hanya menggunakan satu browser saja. untuk itu Anda coba lakukan pengecekan dengan browser yang berbeda, misalkan: Firefox, Flock, Mozilla, IE, Opera, atau Safari.

2. Pilihan warna pada blog: Pemilihan warna memang susah-susah gampang semuanya tergantung selera pemilik blog. Jangan terlalu egois, pilih warna sesuai dengan tema blog Anda. coba Anda pikir jika blog Anda tentang agama dengan pilihan warna hitam, terlihat janggal bukan! Kebanyakan warna hitam lebih cenderung ke situs yang bertemakan underground.

3. Hindari Memasang Jam: Tanyakan pada diri Anda sendiri apa gunanya memasang jam di blog Anda, jika hanya sebagai pengingat waktu atau untuk mempercantik halaman sebaiknya tidak usah digunakan, apa gunanya jam pada taksbar windows. yang jelas bakal bikin load page Anda semakin berat.

4. Hindari pasang kalender: Apa gunanya kalender windows? Orang butuh informasi dari blog Anda bukan ingin melihat kalender. sekedar informasi kalender yang saya maksud adalah kalender umum, beda dengan kalender yang menampilkan sebuah posting (biasanya banyak digunakan pengguna Wordpress)

5. Hindari pasang jumlah pengunjung tetap: Jika blog Anda baru jangan gunakan jumlah pengunjung (counter), ini akan berakibat penilaian yang buruk terhadap blog Anda. walaupun untuk beberapa penyedia layanan counter menyediakan fasilitas untuk memanipulasi dan menambah jumlah pengunjung secara manual, coba Anda pikir blog yang baru dibuat sudah mencapai 100.000 pengunjung apa itu mungkin?

6. Jangan memelas untuk meminta mengklik iklan: Hindari kata "klik iklan dibawah ini" atau bahasa apapun yang meminta pengunjung Anda untuk mengklik iklan. Sampai saat ini ada beberapa blog yang melakukan hal tersebut (maaf jika blog Anda termasuk dalam hal ini) siapa sih didunia ini yang suka diperintah, tanpa Anda menyuruh pengunjung bakal mengklik iklan tersebut jika dirasa berguna bagi mereka.

7. Jangan memasang iklan yang berserakan: Iklan yang banyak memang sangat menguntungkan, namun jangan sampai isi halaman Anda hanya iklan dan iklan. Pasang iklan sewajarnya saja dan tahukah Anda pengunjung sangat risih dengan adanya iklan yang telihat melebihi kapasitas dari isi halaman blog Anda.

8. Hindari memasang lagu pada blog: Selain bikin halaman berat blog yang menampilkan lagu agak terkesan tidak profesional dan maaf agak terkesan kuno. Tidak masalah jika blog Anda tentang musik atau blog personal tapi untuk blog bisnis sepertinya kurang cocok.

9. Menampilkan status IP pengunjung: Blog Anda bukan program mata-mata kan? Jadi lebih baik tidak usah dipasang agar pengunjung tidak merasa dimata-matai.

10. Memasang widgets yang tidak ada hubungannya dengan blog: Menambahkan widgets memang menyenangkan tapi jika tidak ada hubungannya malah blog Anda terkesan aneh. pasanglah widget sesuai dengan kebutuhan saja.

11. Jangan hanya copy / paste: Saya tidak melarang Anda untuk melakukan copy / paste, jika memang dilakukan sebaiknya perbaiki juga code scriptnya, hargai jerih payah penulis sebenarnya karena jika hanya copy / paste tulisannya tidak bakal terlihat rapi dan kemungkinan gambar yang diikutsertakan tidak bakal muncul.

12. Perhatikan tanda baca: Perhatikan tulisan Anda apakah sudah benar tanda bacanya. Kesalahan dalam titik koma saja akan berakibat mempunyai arti yang berbeda.

13. Jangan gunakan gambar yang besar: Gambar memang mempercantik halaman Anda, gambar yang besar justru jadi bumerang buat loading page Anda. Yang jelas blog Anda pasti akan diabaikan untuk sementara waktu ketika loading page sedang berjalan.

14. Periksa Dead link: Link yang telah mati bakal tidak disukai pembaca, jangan kan pembaca search engine pun tidak menyukai hal ini. Lakukan pengecekan dead link sesering mungkin, banyak tools di internet yang bisa melakukan tugas ini.

15. Jangan terlalu banyak memposting artikel orang lain: Ini akan mendapat respon buruk dari pembaca, karena pembaca akan lebih berpikir lebih baik membaca ke sumbernya secara langsung.

16. Selalu pasang nama sumber artikel: Blog yang profesional selalu menghargai jerih payah orang lain, yang jelas memasang nama sumber tidak merugikan Anda sedikitpun sebaliknya penghargaan atas jerih payah orang lain itulah yang membuat Anda terlihat lebih profesional.

17. Cara merespon komentar yang baik: Jangan pernah bersikap menggurui, hargai semua komentar dengan bijak walau pun ada beberapa komentar yang menyebalkan. Ingat! Blog tempat orang menuangkan semua ide dan pemikiran jadi semua orang pasti mempunyai pendapat yang berbeda.

Menempatkan Iklan Di Sidebar Blogger

Bingung bagaimana caranya menempatkan iklan di sidebar blog Anda? Oke saya juga dulunya bingung sekarang sudah ketemu jawabannya, langsung saja di coba triknya.

Pertama login di Blogger, klik kostumisasi, rancangan, edit html and contreng "Expand Widget Templates".

Cari kode ini:

<div id='newsidebar-wrap1'><div id='newsidebar-wrap2'>

atau

<h2 class='title'><data:title/></h2>

Sudah ketemu belum kalau sudah masukkan kode iklannya.

Selamat Mencoba!

Definisi Berbagai Meta Tag

Definisi Berbagai Meta Tag
Halaman ini memberikan daftar ikhtisar dari berbagai nilai/value yang bisa Anda tambahkan dalam tag robot Anda.

Pertama, syntax/rumus:

[code language="html"]

[/code]

Perbedaan Nilai Meta Tag robots

- index

Contoh:

<meta name="robots" content="index"/>

Mengizinkan robot search engine untuk mengindex suatu halaman, Anda tidak harus menambahkan nilai ini ke dalam halaman Anda, karena ini merupakan nilai default.

-noindex

Contoh:

<meta name="robots" content="noindex"/>

Tidak mengizinkan search engine untuk menampilkan suatu halaman blog /web Anda dalam hasil pencarian.

-none

Contoh:

<meta name="robots" content="noindex, nofollow"/>

Ini merupakan shortcut untuk noindex, nofollow, atau mengatakan pada search engine: “Jangan lakukan apapun terhadap halaman ini”.

- follow

Contoh;

<meta name="robots" content="follow"/>

Beritahukan robot search engine untuk mengikuti link yang ada pada suatu halaman, baik yang bisa diindex maupun yang tidak.

-nofollow

Contoh:

<meta name="robots" content="nofollow"/>

Beritahukan robot search engine untuk tidak mengikuti link apapun yang ada pada suatu halaman.

-noarchive

Contoh:

<meta name="robots" content="noarchive"/>

Mencegah search engine untuk menampilkan cache copy suatu halaman.

-nocache

Contoh:

<meta name="robots" content="nocache"/>

Sama seperti noarchive, tetapi hanya digunakan oleh MSN/Live.

-nosnippet

Contoh:

<meta name="robots" content="nosnippet"/>

Mencegah search engine untuk menampilkan snippet/ringkasan suatu halaman pada halaman hasil pencarian dan mencegah search engine untuk melakukan caching suatu halaman.

-noodp

Contoh:

<meta name="robots" content="noodp"/>

Memblokir search engine untuk menggunakan deskripsi suatu halaman dalam DMOZ (aka ODP) sebagai snippet/ringkasan untuk halaman Anda pada search engine.

-noydir

Contoh:

<meta name="robots" content="noydir"/>

Memblokir Yahoo! untuk menggunakan deskripsi suatu halaman dalam direktori Yahoo! sebagai snippet/ringkasan untuk halaman Anda dalam halaman hasil pencarian. Tidak ada search engine lain menggunakan direktori Yahoo! untuk tujuan ini, jadi mereka tidak support terhadap tag ini.

Resources dari Search Engine

Search engine sendiri juga memiliki halaman mengenai subyek ini:

  • Google memiliki blogpost pada Google Webmaster Central Blog;
  • Live memiliki sebuah halaman situs bantuan;
  • Anda bisa mencari Yahoo!’s Webmaster resources;
  • Ask.com memiliki beberapa info mengenai hal ini dalam Webmaster resources page.

Dan pasti selalu ada halaman http://www.robotstxt.org. Anda bisa melakukan block seluruh robots sekaligus dengan markup di atas, atau hanya melakukan block satu tobot dengan menentukannya secara spesifik.
Search engine mana yang support nilai meta tag robots yang mana?
Table di bawah ini menampilkan search engine mana yang support terhadap suatu nilai:

Metatag Robots

Anda bisa melakukan block seluruh robots sekaligus dengan markup di atas, atau hanya melakukan block satu robot dengan menentukannya secara spesifik:
  • Google: GOOGLEBOT
  • Yahoo!: SLURP
  • MSN/Live: MSNBOT
  • Ask: TEOMA
Meta Language Tag

Yang pertama, gunanya untuk memerintahkan robot agar mengindex,tidak mengindex, dan lain-lain di blog kita seperti yang telah diterangkan di atas fungsi dari meta tag. Sedangkan untuk yang kedua, gunanya untuk menyeting bahasa blog kita. Blog bahasa indonesia yang tidak diberi meta tag kedua akan kalah SEO dengan yang diberi meta tag kedua. Jadi hukumnya wajib.

Contoh:

<meta http-equiv="content-language" content="en"/>
<meta http-equiv="content-language" content="en, fr"/>
Dibawah ini adalah daftar kode yang mewakili nama bahasa:

AA "Afar"
AB "Abkhazian"
AF "Afrikaans"
AM "Amharic"
AR "Arabic"
AS "Assamese"
AY "Aymara"
AZ "Azerbaijani"
BA "Bashkir"
BE "Byelorussian"
BG "Bulgarian"
BH "Bihari"
BI "Bislama"
BN "Bengali" "Bangla"
BO "Tibetan"
BR "Breton"
CA "Catalan"
CO "Corsican"
CS "Czech"
CY "Welsh"
DA "Danish"
DE "German"
DZ "Bhutani"
EL "Greek"
EN "English" "American"
EO "Esperanto"
ES "Spanish"
ET "Estonian"
EU "Basque"
FA "Persian"
FI "Finnish"
FJ "Fiji"
FO "Faeroese"
FR "French"
FY "Frisian"
GA "Irish"
GD "Gaelic" "Scots Gaelic"
GL "Galician"
GN "Guarani"
GU "Gujarati"
HA "Hausa"
HI "Hindi"
HR "Croatian"
HU "Hungarian"
HY "Armenian"
IA "Interlingua"
IE "Interlingue"
IK "Inupiak"
IN "Indonesian"
IS "Icelandic"
IT "Italian"
IW "Hebrew"
JA "Japanese"
JI "Yiddish"
JW "Javanese"
KA "Georgian"
KK "Kazakh"
KL "Greenlandic"
KM "Cambodian"
KN "Kannada"
KO "Korean"
KS "Kashmiri"
KU "Kurdish"
KY "Kirghiz"
LA "Latin"
LN "Lingala"
LO "Laothian"
LT "Lithuanian"
LV "Latvian" "Lettish"
MG "Malagasy"
MI "Maori"
MK "Macedonian"
ML "Malayalam"
MN "Mongolian"
MO "Moldavian"
MR "Marathi"
MS "Malay"
MT "Maltese"
MY "Burmese"
NA "Nauru"
NE "Nepali"
NL "Dutch"
NO "Norwegian"
OC "Occitan"
OM "Oromo" "Afan"
OR "Oriya"
PA "Punjabi"
PL "Polish"
PS "Pashto" "Pushto"
PT "Portuguese"
QU "Quechua"
RM "Rhaeto-Romance"
RN "Kirundi"
RO "Romanian"
RU "Russian"
RW "Kinyarwanda"
SA "Sanskrit"
SD "Sindhi"
SG "Sangro"
SH "Serbo-Croatian"
SI "Singhalese"
SK "Slovak"
SL "Slovenian"
SM "Samoan"
SN "Shona"
SO "Somali"
SQ "Albanian"
SR "Serbian"
SS "Siswati"
ST "Sesotho"
SU "Sudanese"
SV "Swedish"
SW "Swahili"
TA "Tamil"
TE "Tegulu"
TG "Tajik"
TH "Thai"
TI "Tigrinya"
TK "Turkmen"
TL "Tagalog"
TN "Setswana"
TO "Tonga"
TR "Turkish"
TS "Tsonga"
TT "Tatar"
TW "Twi"
UK "Ukrainian"
UR "Urdu"
UZ "Uzbek"
VI "Vietnamese"
VO "Volapuk"
WO "Wolof"
XH "Xhosa"
YO "Yoruba"
ZH "Chinese"
ZU "Zulu"