Senin, 01 Januari 2007

Kompress CSS Blog Anda

Kompress CSS Blog
Loading blog yang lama membuat pengunjung menunggu dan akhirnya meninggalkan blog Anda. Berikut ini tips untuk mempercepat loading blog dengan cara mengkompres CSS blog. Loading blog yang cepat biasanya membuat pengunjung betah dan akan membaca tulisan Anda sepenuhnya serta akan mencoba membuka-buka berbagai link artikel yang ada dalam blog Anda.

Bayangkan saja, bila Anda menemukan suatu situs dari mesin pencari, lalu saat Anda masuk ke situs tersebut loadingnya terasa lambat sekali, pasti tidak lama Anda akan langsung close halaman tersebut? Kecuali bila Anda adalah seorang yang sabar menanti!

Teknik kompresi pada CSS dapat meningkatkan kinerja loading halaman blog Anda. Dalam arti disini adalah tidak jadi super cepat, tapi cenderung ke arah optimalisasi CSS, tergantung juga dengan kecepatan koneksi jaringan internet yang digunakan.

Baiklah, tanpa menunggu lagi ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut:

Anda pergi ke situs ini: Kompress CSS untuk kinerja loading blog menjadi lebih cepat. Situs ini merupakan layanan gratis dari CSS Drive - CSS Compressor yang biasanya digunakan untuk tujuan mengkompres CSS.
Disarankan untuk pemula yang masih awam di bidang CSS, jangan mencoba mode Super Compact dan Strip any comments.
Gunakan mode Light dan don't strip any comments terlebih dahulu. Untuk level kompresi yang lebih tinggi itu dapat dicoba pada tingkat kompresi pilihan Advanced mode tapi untuk pemula gunakan mode Light terlebih dahulu.

Sayangnya CSS Drive tidak memiliki fungsi uncompressed, jadi disarankan agar Anda memback-up dulu template blog Anda sebelum melakukan kompresi.

Masuk ke Blogger, Rancangan, Edit HTML, kode CSS biasanya terletak diantara kode <b:skin><![CDATA[ ---------------- dan --------------- ]]></b:skin>

Silahkan salin dan tempel pada kolom "Insert CSS" code di CSSDrive, lalu klik tombol "Compress-it!"

Di CSSDrive akan muncul hasil CSS yang dikompres, silahkan salin dan ganti kode CSS di blogspot dengan kode baru ini dengan cara paste overwrite/replace.Setelah itu tekan Save, Selesai.

Setelah Anda melakukan semua petunjuk di atas, sekarang sisipkan kode gzip ini:

<?php if (substr_count($_SERVER['HTTP_
ACCEPT_ENCODING'], 'gzip')) ob_start("ob_
gzhandler"); else ob_start(); ?>


atau kode ini:

<?php
ini_set('zlib.output_compression', 'On');
ini_set('zlib.output_compression_level', '1');
?>


di atas kode ini ,

<!DOCTYPE html PUBLIC "-//W3C//DTD XHTML
1.0 Strict//EN" "http://www.w3.org/TR/
xhtml1


Setelah itu simpan template blog Anda, blog Anda kini mempunyai kecepatan loading yang lumayan setelah Anda mengikuti tip-tipnya.

Selamat mencoba!

2 komentar:

  1. eitz.. ane tersesat dimari, ngopi dulu bil ngobrol ahh.. beda'a apa hib "mode Light dan don't strip any comments" ma "Super Compact dan Strip any comments"?? tolong diaduk kopi'a hib, thx ! ^_^

    BalasHapus
  2. Beda banget lah cuy, klo msh mw edit kode css/html ya pilih light aja, oke

    BalasHapus