Minggu, 08 Maret 2009

Windows Live Di Ponsel Anda

WINDOW LIVE
Saat ini sudah banyak situs jejaring sosial yang dapat menjadi tempat nongkrong di dunia internet seperti Friendster, yang paling populer adalah Facebook dan lainnya. Cukup banyak yang bisa dilakukan mulai dari basa-basi, memajang foto Anda, mencari teman, atau jodoh, berbagi informasi, dan lainnya. Situs-situs tersebut dapat diakses via ponsel termasuk keluaran MICROSOFT yang dinamakan WINDOWS LIVE. Windows Live dapat diakses secara mudah dari ponsel Java. Mengingat kemampuan Java hampir dimiliki oleh semua ponsel. Nah, bagaimana cara menggunakannya?

Ikuti langkah-langkah dibawah ini:

1. Download aplikasi dari Windows Live.jar. Selanjutnya, buka menu > WINDOWSLIVE > OPTIONS > OPEN. Akan muncul notifikasi yang meminta Anda untuk koneksi ke server menggunakan GPRS, pilih "YES". Pastikan pengaturan GPRS Anda sudah benar. Klik "SIGN IN", masukan "USERNAME" dan "PASSWORD". Pastikan Anda sudah memiliki akun di Hotmail atau Windows Live. Bila belum maka Anda harus registrasi. Proses registrasinya sangat mudah, Anda hanya diminta mengisi beberapa data pribadi Anda serta memilih user name dan password.

2. Untuk melakukan komunikasi chat pada daftar teman yang Anda miliki. Anda harus masuk ke messenger. Caranya dengan mengarahkan pointer ke fitur Messenger > Sign In > pilih Status Online, Away, Busy, Be Right Back, atau On The Phone > Go. Seperti fitur chat pada umumnya, Anda dapat melihat status teman yang Anda miliki, dan siap berkomunikasi dengan mengetikkan pesan yang ingin dikirim. Namun bila Anda ingin menetapkan satu status setiap kali masuk. Anda dapat memberi tanda centang pada "don't show this page again". Bila Anda menetapkan status "busy", maka setiap kali Anda "sign in", status "busy" yang terlihat. Seperti halnya messenger di komputer, tersedia juga fitur settings bila Anda menginginkan kustomisasi sesuai selera.

3. Tidak menarik rasanya kalau profile Anda belum menampilkan foto pribadi. Untuk itu Anda dapat menambahkan foto yang berasal dari memori ponsel Anda dengan mengklik Photos > Add Photos > pilih Folder pada Ponsel > Add. Anda dapat mengupload sebanyak tiga foto dalam sekali proses. Bila masih ingin menambahkan foto, ulang kembali proses ini. Bila ingin menambahkan komentar pada foto yang Anda tampilkan, klik saja kolom dibawah Comments > Tuliskan Komentar Anda > Add. Anda dapat melihat langsung berapa kapasitas foto yang Anda download tersebut pada menu download.

4. Beda dengan jejaring sosial pada umumnya, pada Windows Live terdapat fitur yang dinamakan Spaces. Fitur ini berisi blog, pesan dari sesama Spaces, dan lainnya. Jadi untuk melihat foto atau blog sesama pengguna Windows Live, Anda harus membuat Space terlebih dahulu. Caranya dengan mengklik fitur "get your own space" (nantinya dapat dijadikan url pribadi dan dipublikasikan di internet). Pilih Spaces > Get Your Own Space > Ketikkan Nama Unik Untuk URL Anda Sendiri > Go. Bila Anda sudah memiliki "spaces", maka Anda dapat melihat "spaces" orang lain yang sedang online. Jadi Anda tidak harus mengundang orang lain menjadi teman hanya untuk melihat koleksi fotonya. Selain itu "spaces" memungkinkan Anda memiliki blog pribadi seperti blog pada umumnya.

5. Kelebihan dari Windows Live selain fitur "search" yang merupakan "search engine", adalah fitur mail. Mail merupakan fitur dimana Anda dapat membuka email seperti halnya di Komputer. Jadi jejaring sosial dengan fitur lengkap dengan email, blog, dan chat terdapat disini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar