Minggu, 22 Maret 2009

Mengakses Gmail Kini Makin Mudah

Gmail
Jika memiliki akun Gmail, akan lebih mudah jika Anda membukanya melalui web browser komputer atau ponsel. Anda juga bisa mengatur akun POP3-nya supaya dapat cepat diakses lewat email client ponsel. Namun, dua cara ini memiliki kelemahan.

Pertama, jika Anda mengakses via browser ponsel, akan memakan waktu dan biaya karena harus bolak-balik membuka halaman Gmail hanya untuk melihat atau membuka beberapa email.

Kedua, jika Anda mengakses via POP3 email client, tak semua ponsel memiliki kelengkapan fitur email client yang dapat menampilkan semua fasilitas email Gmail. Namun kini ada pilihan lain yang lebih mudah untuk mengakses Gmail. Pilihan ini hampir bisa dilakukan disemua ponsel asalkan mendukung Java. Ya, Gmail baru-baru ini mengeluarkan aplikasi Java yang pengoperasiannya relatif lebih mudah dan kompatibel dengan hampir semua ponsel yang ada di pasar.

INSTALASI:

1. Untuk mendownload langsung aplikasi tersebut via ponsel, masuklah ke browser ponsel Anda, kemudian klik link ini Gmail Application, Anda akan dihantarkan pada halaman wap. Uniknya, Gmail akan segera mendeteksi jenis ponsel Anda dan memberitahukannya kepada Anda.

2. Tekan pilihan download Gmail, proses selanjutnya adalah instalasi Gmail ke ponsel Anda.

PENGGUNAAN:

Aplikasi Gmail dapat diakses melalui ikon huruf M dibagian program.
Untuk mengakses email, lakukan login seperti biasa dengan mengisi username dan password. Username harus diisi lengkap, menyertakan embel-embel@gmail.com, misalnya userid@gmail.com. Selanjutnya Anda akan dibawa ke halaman inbox. Anda bisa langsung membuka kiriman email yang dikehendaki dengan menyorot langsung email tersebut.

FASILITAS-FASILITAS:

Aplikasi Gmail memiliki berbagai fitur unik agar penggunaannya lebih mudah menginstal, berkreasi, mengakses atau mengirim email.

1. AUTO DETECT

Saat proses download dan instalasi, aplikasi Gmail langsung mendeteksi tipe ponsel Anda sehingga kemungkinan salah instal atau masalah kompatibilitas tidak akan muncul.

2. Aplikasi Gmail mobile selalu melakukan sinkronisasi dengan akun komputer. Artinya jika misalnya Anda membuka satu email di ponsel, maka kelak jika Anda membukanya di komputer, akan ditandai oleh Gmail bahwa email itu telah dibaca sebelumnya.

3. Adanya fasilitas email to reply, jika Anda memiliki alamat email yang tersimpan di ponsel, maka secara otomatis Gmail akan mengidentifikasikannya dan menyodorkan listnya kepada Anda saat sedang membuat email baru atau sedang memasukkan alamat email penerima.

4. Gmail mobile dapat membuat autoresponder dan group kontak.

5. Gmail mampu membuka banyak format attachment foto dan dokumen seperti gif, txt, jpg, pdf, dan lain sebagainya.

6. Beragam fitur lainnya dapat Anda akses melalui menu "action".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar