Sabtu, 04 Mei 2013

Tips Agar Ponsel Anda Tetap Awet Muda

Ponsel Awet Muda
BATERAI PONSEL

5 Kerusakan Baterai Yang Sering Terjadi :

1. Baterai menggelembung karena hubungan singkat atau korslet secara mendadak akibat terjatuh atau terendam air. Akibatnya isi baterai terkuras dengan cepat sehingga tabung baterai menjadi panas dan menggelembung.
2. Baterai sering drop. Ada beberapa penyebab hal ini terjadi, diantaranya kualitas baterainya tidak bagus, faktor usia baterai karena penurunan nilai mAh (tekanan arus DC), dan terjadi korslet.
3. Baterai panas karena kerusakan pada plat pengatur suhu di dalam baterai. Pada flat baterai terdapat komponen yang berfungsi mengatur besar kecilnya tegangan arus yang masuk atau keluar. Kerusakan ini berakibat pasokan arus tidak normal dan membuat baterai panas.
4. Baterai tidak ada arus sama sekali karena hubungan singkat (korslet) di mesin ponsel yang berimbas pada baterai. Baterai biasanya tidak mempunyai sekring otomatis yang bisa memutus arus yang dikeluarkan. Penyebab lainnya karena baterai tersebut sudah lama tidak digunakan atau di-charge.
5. Baterai tidak dapat mengisi. Bisa disebabkan oleh ponselnya atau penghubung ponsel ke baterai yang kurang bahkan tidak terkoneksi dengan baik. Penyebab lainnya ada di chargernya. Jika masalahnya di baterai, maka perlu diganti. Kerusakan terjadi pada sel di tabung baterai yang sudah membeku dan tidak dapat menerima dan menampung arus yang masuk.


5 Cara Merawat Baterai :

1. Jangan sering nge-charge dalam kondisi ponsel hidup. Bila ponsel di-charge dalam keadaan mati, saat baterai penuh maka pengisian akan dihentikan oleh IC charger yang bertugas mengontrol pengisian baterai. Tapi bila dalam kondisi hidup, jadi tidak efektif dan bisa membuat IC charge rusak dan membuat baterai rusak karena tegangan charger menjadi los (tanpa penghambat dan pemutus lagi).
2. Jangan menelpon dalam kondisi ponsel di-charge. Karena akan menguras tenaga baterai. Apalagi sampai ponsel menjadi panas karena terlalu lama menelpon. Tegangan yang masuk dari charger akan langsung dikeluarkan dalam jumlah yang besar sehingga akan membuat tabung baterai menjadi panas dan menggelembung.
3. Karena saat ponsel dinyalakan membutuhkan arus 0,4 ampere, kemudian saat ponsel mencari sinyal membutuhkan arus 0,4 ampere, lalu saat lampu menyala ponsel membutuhkan tegangan 0,3 ampere. Jadi jika terlalu sering menghidup-matikan ponsel dengan mencabut baterai resiko baterai akan cepat drop.
4. Hindari charging dengan charger imitasi. Kualitas yang tidak standar membuat baterai menjadi cepat rusak. Karena arus yang berlebihan masuk ke baterai tanpa dikontrol IC charger. Biasanya charger imitasi mengeluarkan arus yang tidak stabil.
5. Segera charge baterai, jangan menunggu low-bat atau mati. Karena dapat membuat sel di tabung baterai menjadi lemah dan vakum. Akhirnya baterai jadi drop, bahkan rusak. Karena nilai DC turun drastis dari 3,6 volt menjadi 2 atau 1 volt. Jika di bawah 3,0 volt baterai tidak dapat diisi arus lagi.

LCD

5 Kerusakan LCD (Layar) Yang Sering Terjadi :

1. Blank atau tidak ada bentuk tampilan. Karena ada jalur yang terputus, resolusi cairan LCD sudah rusak, atau bisa juga karena kurang terkoneksi ke mesin ponsel. Biasanya disebabkan karena jatuh sehingga konektor bergeser atau terputus jalur pada kabel fleksible di ponsel Clamshell.
2. LCD pecah karena benturan keras, terjatuh atau tertekan. Untuk LCD pecah ini sudah pasti harus diganti. Semakin canggih atau langka layar LCD, maka semakin mahal harganya.
3. Ada garis pada layar. Kerusakan ini tidak begitu fatal jika garis tersebut hanya ada satu. Tetapi jika terdapat lebih dari 5 garis dan posisinya di tengah akan cukup mengganggu.
4. Buram, kebanyakan disebabkan oleh faktor usia LCD tersebut. Atau dikarenakan kualitas LCD yang tidak bagus.
5. Bercak-bercak atau noda pada LCD. Sering disebabkan oleh cairan yang sudah mulai pecah secara berkelompok. Masalah ini disebabkan oleh faktor usia LCD atau LCD tersebut pernah tertekan atau terjadi benturan keras.

5 Tips Agar LCD Awet :

1. Hindari dari cahaya matahari langsung dalam waktu yang lama (3 sampai 4 jam) karena akan membuat ketajaman piksel pudar dan LCD menjadi buram.
2. Hindari dari air, embun atau sejenisnya. Karena LCD sangat rentan sekali dengan air yang bisa membuat LCD rusak total.
3. Hindari dari benturan keras karena akan membuat LCD pecah dan retak.
4. Hindari menyimpan ponsel pada saku jeans yang ketat karena bisa tertekan dan LCD bisa pecah.
5. Hindari dari anak-anak dan tempat yang memungkinkan ponsel ini bisa jatuh.

KEYPAD

5 Penyebab Kerusakan Keypad Yang Sering Terjadi :

1. Karena kotor atau korosi yang disebabkan oleh sisa air atau embun yang sudah membentuk karat dan menghalangi tombol saat ditekan. Cirinya tombol tersebut masih dapat berfungsi tetapi harus ditekan kuat.
2. Karena penggantian casing yang bukan original atau akibat casing yang ukuran tombol keypadnya tidak cocok.
3. Ada Jalur keypad yang terputus. Biasanya tombol yang tidak berfungsi tidak hanya satu tombol, bisa terjadi 4 tombol dan semuanya tidak dapat ditekan.
4. Konektor tombol keypad (yang menghubungkan keypad ke mesin ponsel) kotor, atau renggang. Masalah ini sering terjadi pada ponsel yang keypad-nya terpisah dari mesin.
5. CPU dan driver keypad mengalami retak pada kaki IC nya di jalur tombol keypad. Yang disebabkan oleh benturan keras atau kerak pada kaki IC.

5 Cara Menangani Kerusakan Keypad :

1. Bila keypad susah ditekan tetapi masih bisa berfungsi, solusinya cukup membuka casing ponsel lalu bersihkan tombol keypad yang bermasalah dengan penghapus pensil.
2. Bila kerusakan karena penggantian casing sebaiknya kita cari casing yang KW1 atau original. Memang sedikit mahal tetapi tidak menimbulkan masalah.
3. Jika keypad tidak berfungsi karena ada jalur yang putus, solusinya adalah dengan melakukan jumper pada jalur tesebut dan panduannya dengan membaca skema jalur. Jika belum mengerti, mintalah bantuan pada teknisi yang sudah profesional.
4. Jika kerusakan hanya karena renggang kita cukup mengencangkan baut ponsel dengan obeng.
5. Untuk masalah CPU dan driver yang rusak, sebaiknya ponsel ini harus ditangani oleh teknisi yang benar-benar ahli dibidangnya. Karena jika salah dalam penanganan, ponsel bisa mati total karena IC CPU jika diangkat oleh teknisi yang tidak mengerti dan kurang berpengalaman bisa menjadi gatot alias gagal total secara permanen.

MEMORI

5 Kerusakan Memori Internal Yang Sering Terjadi :

1. Ponsel menjadi mati total akibat ada salah satu data hilang atau karena tempat media penyimpanan data rusak. Karena semua data operasional ponsel terdapat di memori internal.
2. Hang. Jika data-data terlalu penuh di memori internal akibatnya program tidak dapat diproses oleh CPU karena data terlalu padat. Akhirnya kinerja ponsel lambat dan tidak optimal.
3. Up close (hapus sebagian data). Tulisan ini muncul saat kita akan menyimpan data apapun di dalam ponsel. Atau bahkan saat kita akan membuka menu ponsel muncul tulisan tersebut. Kerusakan ini disebabkan file sampah sudah menumpuk di dalam memori internal.
4. Blink. Ponsel blink adalah dimana ponsel tidak dapat loading atau booting ke menu. Kerusakan ini disebabkan oleh ada beberapa file yang tidak terbaca karena posisi dan penempatannya tidak tepat sehingga sistem tidak dapat loading secara normal. Penyebabnya adalah aplikasi terlalu penuh, virus, benturan keras yang menimbulkan getaran pada IC sehingga ada file yang hilang atau rusak.
5. Restart. Ponsel restart adalah dimana saat ponsel dihidupkan tidak lama kemudian mati dan langsung hidup sendiri (hidup mati sendiri) secara berulang-ulang. Hal ini disebabkan adanya file sistem yang hilang atau data terlalu penuh.

5 Cara Menghindari Kerusakan Memori Internal :

1. Selalu rajin menghapus data-data yang tidak terpakai, misalkan SMS atau Phone Book yang sudah tidak diperlukan lagi.
2. Tidak menyimpan aplikasi dan game di memori internal.
3. Selalu cek kapasitas memori internal. Minimal space kosong harus ada 20% dari total kapasitas.
4. Hindari menyimpan foto atau video di dalam memori internal.
5. Setiap 2 bulan sekali, lakukan master reset pada ponsel agar file sampah yang tersisa di dalam memori bisa dibersihkan. Termasuk virus.

BLUETOOTH

5 Ciri Kerusakan Bluetooth :

1. Tidak bisa mengirim file. Kerusakan ini karena kesalahan setting pada ponsel atau data terlalu penuh pada memori ponsel.
2. Hanya bisa menerima file saja. Kerusakan ini karena data terlalu penuh atau banyak terdapat file sampah pada memori internal sehingga membuat software Bluetooth tidak bekerja dengan baik.
3. Galeri pada ponsel tidak dapat dibuka. Kerusakan ini disebabkan terjadinya crash antara data Bluetooth dan data ponsel. Karena Bluetooth mempunyai software tersendiri yang berbeda dengan software ponsel. Akan tetapi jika modul Bluetooth mengalami kerusakan pada ponsel tertentu galeri ponsel tidak dapat dibuka.
4. Bluetooth tidak dapat diaktifkan. Kerusakan ini disebabkan kesalahan pada software atau program di ponsel. Atau bisa juga disebabkan oleh kerusakan pada modem Bluetooth itu sendiri.
5. Ponsel mati dan modul Bluetooth pada ponsel panas. Kerusakan ini dikarenakan adanya komponen yang korslet. Jika modem Bluetooth yang terasa panas maka besar kemungkinan modem Bluetooth mengalami kerusakan.

5 Tips Agar Bluetooth Awet :

1. Jangan aktifkan Bluetooth sepanjang hari di tengah keramaian. Resiko virus masuk akan lebih besar, karena Bluetooth merupakan sarana masuknya virus ke dalam memori internal.
2. Jangan terima pesan masuk dari Bluetooth yang tidak dikenal karena besar kemungkinan adalah virus. Untuk mengantisipasi hal tersebut sebaiknya aktifkan sistem perangkat disembunyikan pada menu Bluetooth agar Bluetooth kita tidak terdeteksi oleh perangkat lain. Tetapi ada sebagian software aplikasi yang dapat menembus sistem pertahanan ini.
3. Ganti nama Bluetooth ponsel Anda dengan nama seperti ini: @nama ponsel atau nama Anda (spasi)(tanda seru). Contoh: @Aku ! atau @N70 !. Bisa dipastikan Bluetooth pada ponsel Anda akan aman dari serangan virus dan hacker.
4. Tidak menggunakan Bluetooth secara berlebihan. Bluetooth lebih baik tidak digunakan untuk menerima file berkapasitas besar di atas 3 MB pada saat transfer data antar ponsel. Karena akan membuat Bluetooth menjadi lemah dan berakibat rusak.
5. Tidak menggunakan Bluetooth untuk internet. Karena akan membuat Bluetooth menjadi rusak dan lambat dan bisa berakibat kerusakan pada software ponsel yang dapat menyebabkan ponsel jadi sering hang dan restart.

Nah, itulah berbagai solusi agar ponsel Anda tetap awet muda!