Mengenal Ekstensi File Nokia S60V1 Dan V2

Zip Manager
(SIS) : merupakan file executable untuk sistem operasi Symbian. File ini biasanya berisi sistem aplikasi, jadi file inilah yang dapat di-install. File .sis yang sudah di-install akan disimpan di E:/ system/install dan file yang sudah di-install ini tidak dapat di-install kembali. File itu nantinya akan berfungsi untuk meng-uninstall program yang sudah di-install. File .sis tak selamanya berisi aplikasi bisa saja berisi bagian dari aplikasi misalnya codec atau tema dan lain-lain.

(.jpg) : adalah ekstensi untuk file gambar atau foto.

(.gif) : file ekstensi untuk file gambar animasi yaitu kumpulan gambar yang berganti-ganti seolah-olah gambar tersebut bergerak.

(.bmp) : merupakan ekstensi untuk file gambar.

(·png) : yaitu file gambar yang tepi gambarnya memiliki bentuk sesuai dengan gambarnya. Biasanya file ini menjadi bagian dari sistem aplikasi.

(.pcx) : merupakan file gambar yang biasanya ditemui dalam suatu sistem aplikasi dan hanya dapat dibuka dengan aplikasi tertentu.

(.mbm) : merupakan file gambar yang berisi beberapa gambar. File .mbm biasanya merupakan bagian dari sistem aplikasi. Di komputer terdapat aplikasi MBM Wizard yang dapat digunakan untuk membuat file .mbm. Di ponsel juga terdapat aplikasi MBM Tool yang dapat digunakan untuk membuka file .mbm.

(.Tif) : merupakan file gambar yang sangat jarang ditemukan di ponsel.

(.tns) : merupakan file gambar yang menjadi ikon untuk suatu gambar.

(·ota) : merupakam gambar yang terdiri dari titik-titik hitam yang membentuk gambar.

(.map) : merupakan file gambar yang biasa terdapat di sistem aplikasi game.

(.rng) : merupakan file suara yang dapat dibuat dibuat di ponsel dengan menggunakan aplikasi Composer yang merupakan aplikasi yang memang sudah ada pada ponsel. Biasanya file jenis ini digunakan untuk nada dering.

(.mid) : merupakan file suara yang suaranya hanya terdiri dari suara alat musik. Biasanya file ini digunakan untuk nada dering.

(.amr) : merupakan file suara hasil dari rekaman dengan menggunakan ponsel. File ini bisa juga dijadikan nada dering.

(.wav) : merupakan file suara yang memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan file suara .amr. File .wav sangat baik untuk digunakan menjadi nada dering. File .wav ditemukan juga sebagai file sistem aplikasi.

(.mp3) : merupakan file suara yang paling populer. File .mp3 di ponsel dapat dibuka dengan aplikasi Ultramp3 atau LCG Jukebox atau juga TTPod. File .mp3 biasanya berisi lagu-lagu, dan sering juga ditemui dalam file sistem aplikasi.

(.aac) : merupakan salah satu jenis file suara yang dipopulerkan untuk ponsel Nokia.

(.znd) : merupakan file suara yang banyak terdapat di file sistem suatu aplikasi.

(.xm) : merupakan file suara yang biasa terdapat di sistem aplikasi.

(.oog) : merupakan file suara yang mirip dengan .wav.

(.wma) : merupakan file suara dari Windows. WMA merupakan singkatan dari Windows Media Audio.

(.rm) : merupakan file suara yang memiliki kemiripan dengan .amr.

(.rma) : hampir sama dengan .rm.

(.3gp) : merupakan file video yang standar untuk ponsel. File ini merupakan hasil dari rekaman video dengan ponsel.

(.avi) : merupakan file video yang biasa dapat dibuka di ponsel dengan menggunakan SmartMovie atau dvixPlayer. Di komputer file .avi dapat dibuka dengan Windows Media Player.

(.mp4) : merupakan file video yang sering ditemukan pada ponsel. Aplikasi ponsel yang cocok untuk membuka file jenis ini adalah Real One Player, PVPlayer, SmartMovie yang dilengkapi codec mp4.

(.mpg) : merupakan file video yang jarang ditemukan di ponsel tetapi banyak ditemukan di komputer.

(.flv) : file video jenis .flv memiliki kesamaan dengan file video dengan format .mpg.

(.swf) : file video ini hanya dapat dibuka dengan aplikasi Flash Player. Contohnya : Macromedia Flash Player.

(.wmv) : merupakan file video yang jarang ditemui di ponsel. Di komputer file .wmv dapat dibuka dengan Windows Media Player. WMV merupakan singkatan dari Windows Media Video
.
(.zip) : merupakan file arsip yang terdiri dari beberapa file. Kegiatan untuk membuat suatu file menjadi file arsip dikenal dengan nama "compress", sedangkan membuat file arsip menjadi file biasa disebut "extract".
 Aplikasi ponsel yang digunakan untuk membuka adalah Winrar Mobile, Eokzip, dan aplikasi file manager seperti X-plore. Di komputer file arsip biasanya dibuka dengan Winrar, Winzip, Irhzac, dan lain-lain.

(.rar) : merupakan file arsip yang sama dengan .zip bedanya file .rar mampu mengkompres suatu file menjadi ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan menggunakan .zip.

(.tar) : merupakan file arsip yang hampir sama dengan .rar dan .zip.

(.spk) : merupakan file arsip untuk ponsel dengan menggunakan aplikasi Stacker. Stacker tidak hanya untuk mengkompres file tetapi juga aplikasi.

(.txt) : merupakan file teks yang dapat dibaca dengan aplikasi Catatan atau Notepad. Txt ada yang unicode, yaitu teks yang berisi karakter baik huruf, angka, maupun tanda baca. Sedangkan file .txt yang tidak unicode bisa saja berisi perintah-perintah untuk sistem operasi.

(.htm) : merupakan file dokumen untuk membentuk suatu halaman web.

(.html) : sama dengan .htm yang juga merupakan dokumen pembentuk halaman web. HTML adalah singkatan dari HyperText Markup Language. File .html dapat dibuat dengan menggunakan Notepad dengan membuat perintah-perintah tertentu (bahasa html) pada file .txt tersebut lalu file disimpan dalam bentuk bukan unicode. Kemudian nama ekstensi file diubah menjadi .html. Di ponsel file .html dapat dibuka dengan aplikasi Service yang merupakan aplikasi yang memang sudah ada pada ponsel atau dengan aplikasi lain seperti Netfront, Doris Browser, ataupun Avantgo. Untuk membuka file .html yang disimpan pada memori masukkan "file:/e:/ (nama folder)/ namafile.html" pada alamat url-nya. Di komputer file .html dapat dibuka dengan aplikasi seperti Modzilla Firefox, Internet Explorer, Opera, Chrome, Netscape Navigator, ataupun Suffer. File html dapat disisipi dengan file gambar, suara, bahkan video.

(.xhtml) : merupakan bentuk lain dari .html, namun memiliki fungsi yang sama dengan .html.

(.css) : merupakan perintah-perintah untuk mempermudah pembuatan file .html. File .css ini biasanya disisipi ke file .html. CSS adalah singkatan dari Cascading Style Sheet. File .css biasa digunakan untuk tema wap/web.

(.js) : merupakan perintah untuk membuat Javascript pada file .html. File .js biasa disisipi ke file .html.

(.log) : merupakan file dokumen yang menjadi catatan yang secara otomatis akan mencatat apa saja yang telah kita lakukan. Contohnya saat kita meng-install suatu sistem aplikasi maka secara otomatis file .log mencatat bahwa aplikasi itu sudah terpasang.

(.ini) : merupakan file sistem pada suatu sistem aplikasi. File jenis ini biasanya berguna sebagai penyimpan perintah-perintah yang kita berikan kepada suatu sistem aplikasi.

(.bin) : merupakan file yang hampir sama dengan file .ini.

(.cfg) : memiliki fungsi yang hampir sama dengan file .ini hanya saja formatnya berbeda.

(.fol) : memiliki fungsi yang hampir sama dengan file .ini hanya saja formatnya berbeda.

(.isf) : memiliki fungsi yang hampir sama dengan file .ini hanya saja formatnya berbeda.

(.aex) : hampir sama dengan file .ini.

(.aif) : file .aif biasanya merupakan file video, namun dalam ponsel Symbian file .aif berfungsi sebagai gambar ikon untuk suatu sistem aplikasi.

(.mpn) : merupakan file sistem untuk aplikasi game terutama game buatan Synergenix. Fungsinya sebagai penyimpan data game yang dimainkan.

(.hlp) : merupakan file yang berfungsi memberikan bantuan tentang suatu aplikasi dengan perantara aplikasi Help yang memang ada pada ponsel.

(.rsc) : merupakan file sistem yang berfungsi sebagai pemberi kata-kata pada sistem aplikasi. Kata-kata pada menu-menu suatu sistem aplikasi berasal dari file .rsc.

(.app) : merupakan file sistem yang mengatur suatu sistem aplikasi. Saat suatu aplikasi diaktifkan file .app akan memeriksa seluruh file sistem lalu menampilkan file-file sistem yang ada.

(.jar) : merupakan file untuk aplikasi Java. File .jar sebenarnya merupakan file arsip yang di dalamnya berisi file-file sistem.

(.jad) : file yang hampir sama dengan .jar. Namun berbeda cara download-nya.

(.mp3skin) : merupakan file sistem pada aplikasi Ultramp3 yang berfungsi sebagai skin. File mp3skin merupakan file arsip yang terdiri dari beberapa file.

(.dta) : merupakan file sistem pada suatu aplikasi. File .dta merupakan file arsip yang di dalamnya terdiri dari beberapa file sistem.

(.dat) : merupakan file sistem yang memiliki kesamaan fungsi dengan file dengan format .ini.

(.r01-r99) : merupakan file sistem. File tersebut biasanya berisi perintah-perintah pada sistem aplikasi.

(.mdl) : merupakan file sistem. File .mdl biasa ditemukan di folder "recogs".

(.gdr) : merupakan file sistem yang mengatur jenis huruf dalam sistem aplikasi maupun sistem operasi.

(.dll) : merupakan file sistem yang membuat suatu sistem operasi dapat membuka file tertentu. Contohnya adalah codec pada aplikasi SmartMovie, Codecmp4 dapat membuat SmartMovie dapat membuka file .mp4 akan tetapi tanpa Codecmp4 file .mp4 tidak dapat dibuka oleh SmartMovie.

(.exe) : merupakan file sistem yang dibuka oleh Dosserver. Pada ponsel file .exe memiliki kegunaan tertentu.

(.vcf) : file .vcf merupakan file yang dapat dibuat dengan aplikasi yang bernama SmartVcard. Aplikasi SmartVcard mengubah nomor kontak yang ada di ponsel menjadi file .vcf yang dibaca sebagai Bussines Card.

(.skn) : file .skn dibuat dengan aplikasi SkinEditor. Kegunaan file .skn adalah untuk menjadi skin pada aplikasi SmartLauncher.

(.prc) : merupakan file dokumen E-book yaitu buku elektronik. File .prc dibuat dengan mengubah file .txt dengan menggunakan aplikasi E-book Maker. Aplikasi untuk membuka file .prc di ponsel adalah E-book Viewer.

(.pdb) : merupakan file dokumen. Pada ponsel, file .pdb dapat dibuka dengan aplikasi E-book Viewer dan Quickword.

(.doc) : merupakan file dokumen yang merupakan hasil dari program aplikasi pengolah kata di komputer file .doc dibuat dengan menggunakan aplikasi Microsoft Word. Di ponsel, khususnya Symbian S60V2 aplikasi yang digunakan untuk menampilkan dan membuat file .doc adalah Quickword. Selain Quickword, ada aplikasi file manager yang dapat membuka file .doc yaitu X-plore.