Rabu, 09 Maret 2011

Ponsel Tercebur Air, Jangan Cemas

PONSEL TERCEBUR AIR
Kejadian sering dialami adalah ponsel basah atau tercebur air. Jangan cemas, dengan antisipasi yang cepat dan tepat, ada harapan ponsel masih bisa diselamatkan.

Berikut tips dan langkah-langkah agar ponsel yang basah bisa normal kembali:

1. Matikan Ponsel
Pada umumnya ponsel yang kena air langsung mati. Tapi kalau tidak, wajib matikan ponsel tersebut secara manual.

2. Buka Casing Dan Baterai
Setelah ponsel mati, buka casing ponsel dan juga komponen lain yang menempel di casing seperti keypad. Kemudian lepas baterai yang merupakan sumber energi.

3. Lepas SIM Card Dan Memory Card
Selanjutnya, wajib dan harus melepasi SIM Card juga Memory Card, kalau ponsel tersebut memiliki slot memory.

4. Lepas Baut Body
Anda bisa gunakan obeng T-6 dan tang pengait khusus buat ponsel untuk membuka baut-baut pada body ponsel. Kalau Anda tidak punya alat ini, bisa beli di toko yang menjual spare parts ponsel. Kalau sudah dilepas semuanya, jangan taruh komponen-komponen kecil di sembarang tempat, karena kalau hilang bisa menjadi masalah baru. Sebaiknya komponen tersebut disatukan dalam satu wadah.

5. Lepas LCD
LCD merupakan komponen ponsel yang gunanya untuk menampilkan gambar, karena LCD menghambat proses pembersihan dan pengeringan, jadi LCD ponsel harus hati-hati saat melepasnya. Pastikan agar jalur fleksibel
tidak robek.

6. Buka Bodi Dalam Ponsel
Pada tahap ini Anda harus mengeluarkan PCB yang masih terlindungi oleh body. Cek bodi ponsel kalau-kalau masih ada baut yang belum terlepas.

Patut diperhatikan, jangan letakkan PCB di lantai karena kalau tidak, bisa terjadi Ground (arus negatif).

7. Lepas Konektor PCB
Lepas konektor PCB dengan tang pengait pelan-pelan. Konektor ini banyak terdapat di ponsel model clamshell atau lipat yang pada bagian lipatan jalur diganti oleh fleksibel, tapi pada ponsel candybar atau batangan, banyak juga terdapat konektor.

8. Buka Pelindung IC
Air bisa menempati segala ruangan, sehingga tidak sulit bagi air buat masuk kesela-sela komponen. Lepas pelindung IC secara perlahan memakai tang pengait dan usahakan jangan sampai kaki pelindung IC patah.

9. Bersih-Bersih
Setelah terlepas semua mulai langkah untuk membersihkan dan mengeringkan. Bersihkan PCB dengan sikat gigi bekas yang halus. Waktu menggosok jangan sampai kelewatan, terutama celah-celah kecil. Terus bersihkan dan dilap sampai kering. Jangan buru-buru dipasang kembali, tunggu beberapa saat. Sebelum dinyalakan kembali.