Selasa, 22 Maret 2011

6 Jurus "Hidup Abadi"

Nokia Power
Ponsel tak ada artinya jika tanpa baterai. Tak heran jika banyak orang selalu mengisi baterai ponselnya terlebih dahulu, sebelum berangkat kemana-mana. Namun, bagaimana jika di tengah-tengah jalan baterai tiba-tiba drop?
Mungkin Anda pernah mengalami hal ini. Ada dua penyebab baterai drop, yang pertama adalah karena kualitas baterai Anda yang di bawah standar. Kedua, karena pemakaian ponsel Anda tidak efisien. Agar baterai ponsel Anda dapat "hidup" lebih lama, beberapa jurus berikut dapat Anda simak.

1. "Brightness" ponsel
Redupkan brightness layar ponsel Anda hingga lima puluh persen agar energi baterai yang terpakai lebih hemat. Aturlah durasi backlight Anda, jangan biarkan menyala terlalu lama, cukup 5-15 detik saja. Lalu, matikan juga bluetooth, GPRS, atau infrared Anda, jika tidak digunakan. Jika tidak terlalu perlu, jangan sering-sering bermain game, mendengarkan musik, dan melakukan panggilan video.

2. Mati-hidup ponsel
Jangan terlalu sering menghidupkan atau mematikan ponsel Anda. Pasalnya, tenaga yang dibutuhkan untuk mencari kembali jaringan pelanggan sangat besar. Hal ini akan mengurangi waktu siaga ponsel Anda antara satu hingga dua jam.

3. Isi ulang ponsel
Jika baterai habis, segeralah isi ulang ponsel Anda hingga penuh. Agar baterai tidak mengembang atau memuai, pastikan untuk mencabut charger dari socket listrik dan kabel dari ponsel bila baterai sudah terisi penuh.

4. Aktifkan yang penting saja
Jangan aktifkan nada dering dan getar sekaligus karena akan menguras energi baterai, aktifkan salah satunya saja. Misalnya, saat berada di bioskop atau ruang rapat sebaiknya aktifkan getarnya saja. Namun, aktifkanlah nada dering saat berada di tempat publik, seperti mal, stasiun, dan bandara.

5. Simpan di tempat yang tepat
Letakkan ponsel Anda di tempat yang temperaturnya normal sehingga tidak terjadi kerusakan akibat suhu yang terlalu tinggi atau rendah. Misalnya, jangan letakkan ponsel di dalam mobil yang terkena matahari, di atas laptop, atau mesin game yang suhunya panas.

6. Jangan paksa ponsel ketika sulit sinyal
Sebaiknya matikan saja ponsel, jika Anda berada di daerah yang sulit mendapatkan sinyal. Sebab, ponsel akan terus berusaha mencari sinyal, sehingga mengakibatkan baterai menjadi boros.