Kamis, 29 Juli 2010

Edit File Multimedia Tanpa Aplikasi

Membuat wallpaper, ringtone, video secara online dengan Cellsea.

Meski memiliki banyak keunggulan, semua software editing file multimedia, baik editor gambar, ringtone, maupun video tetap saja memerlukan tahapan unduh dan instal. Belum lagi banyak software yang sifatnya berbayar dan memiliki keterbatasan fitur dan waktu pakai.
Namun, andaikan Anda hanya punya sebuah komputer plus browser dan koneksi internet, Anda masih punya pilihan untuk melakukan proses editing secara online. Tak perlu berlama-lama mendownload software, menginstalnya, atau repot melakukan setting sana-sini.

Jadi, saat atasan Anda yang bawel berlalu sejenak dari meja Anda, dan Anda cuma punya waktu lima menit sebelum dia membawa setumpuk pekerjaan baru. Jadi Anda masih punya cukup waktu untuk memotong MP3, mengedit wallpaper, mengatur video secara online, dan menutup browser dengan aman sebelum dia kembali. Amankan!

ONLINE TOOL

Melalui browser komputer Anda, masuklah ke situs Cellsea. Setelah melakukan registrasi dan mendapatkan username dan password. Cobalah drop down menu online tool, disana akan Anda lihat menu video editor, photo editor, ringtone maker, dan phone syncronizer. Tiga yang disebut di atas adalah editor online yang akan kita bahas.

RINGTONE MAKER

Sekarang silahkan tekan menu ringtone maker. Masukkan file audio yang hendak Anda konversi dan jadikan ringtone. Anda bisa memilih file yang ada di dalam komputer atau file yang terdapat di halaman web. Untuk memasukkan file tekan tombol choose file. Secara otomatis halaman web ini akan mengupload file audio yang dipilih. Tunggu beberapa saat. Tergantung koneksi internet, proses upload ini mungkin membutuhkan waktu beberapa menit. Setelah ter-upload Anda akan melihat jendela ringtone information. Disini Anda bisa mengedit beberapa item seperti judul ringtone, kategori musik, dan nama penyanyi. Efek fade in dan fade out juga bisa Anda sisipkan supaya bagian awal dan akhir ringtone terdengar lebih smooth. Pada play bar, Anda bisa menentukan bagian lagu yang akan dijadikan ringtone serta durasi ringtone. Anda bisa memilihnya secara manual dengan menggeser tanda awal dan akhir, atau dengan memasukkan start time dan end time-nya.

Setelah yakin dengan pengaturan Anda, silahkan tekan tombol create ringtone. Jika berhasil, akan muncul jendela notifikasi. Pilih save it untuk menyimpannya atau pilih edit again jika Anda kurang puas dengan hasilnya.
Langkah terakhir Anda bisa langsung mendownload ringtone tersebut ke komputer, mengirimnya ke ponsel dan mendownloadnya melalui wap.cellsea.com (dan memasukkan kode yang telah disediakan), atau membaginya dengan rekan-rekan Anda melalui menu share it.

PHOTO EDITOR

Tak punya photoshop atau software image editing? Tak perlu pusing, sekarang cobalah akses menu wallpaper editor. Sama seperti ringtone maker, Anda dapat mengupload foto melalui menu upload yang tersedia. Menu wallpaper editor ini memiliki fungsi-fungsi editing dasar yang cukup banyak seperti menambahkan teks, mengatur ukuran, cropping, memutar gambar, blur, dan sharpen. Bahkan memperbaiki warna dan menambahkan efek.

VIDEO EDITOR

Setali tiga uang dengan photo editor dan ringtone maker, video editor online dari Cellsea mensyaratkan unggah file terlebih dahulu sebelum melakukan editing. Fasilitas editing yang ditawarkan oleh video editor Cellsea ini terbilang cukup kaya. Beberapa fitur seperti konversi, resizing, cropping, bahkan menggabungkan video lain dan menambahkan audio dapat dilakukan secara online. File video biasanya memiliki ukuran yang cukup besar. Supaya cepat, disarankan Anda untuk mendownload hasil editing video terlebih dahulu ke komputer dan memindahkan ke ponsel melalui koneksi manual dengan memanfaatkan bluetooth atau kabel data. Kini, hanya dengan mengandalkan browser dan koneksi internet. Anda sudah dapat memperkaya ponsel dengan file-file multimedia dan unik buatan sendiri, bukan?

Try and get fun!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar