Minggu, 30 Mei 2010

Kirim Pesan Dalam Format Barcode

Barcode
Biasanya barcode digunakan untuk menandai suatu produk supaya bisa lebih mudah diorganisir dan ditandai. Bentuk awal sebuah barcode hanya bisa diisikan oleh kode-kode khusus di satu sisi saja. Namun, seiring berkembangnya teknologi, barcode sudah bisa menampilkan kode dalam model 2D (matrix code).
Artinya, pengkodean informasinya tak hanya berlaku di satu sisi namun sudah di seluruh sisi. Sekarang, pengkodean barcode semacam ini dikenal dengan QR Code, yang dikembangkan oleh perusahaan asal Jepang:

DENSO WAVE.

Sebagai media komunikasi, barcode juga bisa dimanfaatkan untuk memproteksi pengiriman file penting. Tentunya dalam format gambar. Untuk aplikasi pembaca kode barcode ini sendiri, sudah banyak yang dikembangkan buat ponsel. Otomatis, pengoperasian dan penggunaannya pun jadi lebih mudah ketimbang harus membeli perangkat khusus.

Disini, barcode yang dibuat berisi kode link tempat informasi gambar tersebut disimpan. Jadi, untuk membukanya harus terkoneksi dengan browser internet ponsel. Nah, supaya bisa membaca kode tersebut, si ponsel harus memiliki aplikasi yang kompatibel. Selain itu, Anda yang kepingin membuat barcode semacam ini dan akan mengirimkannya ke rekan, bisa menjajal metode online yang ditawarkan beberapa portal penyedia layanan generator QR Code. Satu diantaranya adalah BeeTagg (Beetagg).

Berikut ini tahapan yang bisa Anda ikuti untuk berkirim pesan dalam format barcode :

LANGKAH 1

Masuk ke portal Beetagg, selanjutnya lakukan proses pendaftaran untuk membuat akun. Dengan mendaftarkan diri ke portal ini, Anda mendapat kemudahan untuk menyimpan dan mengirimkan informasi barcode yang dibuat.

Catatan : Selain via online, Anda sebenarnya bisa pula membuat barcode semacam ini menggunakan software PC. Yakni QRdraw Pro atau QRmaker Pro yang bisa didapatkan dari Denso Wave.

LANGKAH 2

Berikutnya, pilih menu 'Generator'. Disini, Anda akan menemukan kolom untuk mengisikan pesan gambar yang akan dibuat, dalam bentuk URL. Untuk pesannya sendiri, bisa Anda buat di photoshop lalu mengirimkannya ke situs upload. Atau bisa juga mencomotnya secara online, misalnya ucapan kasih sayang.

LANGKAH 3

Copy link URL gambar tersebut ke kotak yang disediakan di menu 'Generator'. Selanjutnya, pilih model barcode yang ingin dibuat. Ada tiga pilihan : BeeTagg, QR-Code, atau Datamatrix. Klik 'Go' untuk melakukan proses konversi.

LANGKAH 4

Nah, barcode Anda sudah selesai dibuat. Berikutnya, simpan barcode tersebut ke PC dan lakukan proses upload barcode, misalnya ke Facebook atau Flickr.

LANGKAH 5

Download aplikasi Beetagg langsung dari browser ponsel di Get Beetagg. Ikuti proses instalasinya hingga selesai.

LANGKAH 6

Jalankan aplikasi Beetagg yang sudah terinstal di ponsel. Secara otomatis, Anda akan dibawa ke modus kamera aktif. Lakukan proses scaning barcode layaknya Anda meng-capture foto.

Selanjutnya, aplikasi akan menyimpan informasi barcode tersebut. Untuk menampilkan daftar barcode yang telah dibuat, pilih Options > Scan List.

LANGKAH 7

Klik salah satu daftar list barcode yang ingin Anda kirim. Options > Go to web. Have fun...!
Berikut ini aplikasi alternatif yang bisa digunakan untuk membuka barcode :


KAYWA READER

Aplikasi ini bisa dibilang sebagai pelopor barcode reader untuk ponsel. Kemampuannya untuk mengkonversi barcode menjadi informasi sesungguhnya, memang tak kalah jauh dengan Beetagg. Bahkan, untuk gerate code khususnya pun bisa dilakukan via portal onlinenya. Untuk mendapatkan aplikasi sekaligus membuat barcode, bisa mengunjungi get.beetagg.com.

Selamat mencoba!