Jumat, 20 November 2009

Menangkal Penyadapan Ponsel

Aplikasi Penyadap
Setelah tahu betapa tidak amannya komunikasi melalui jaringan seluler, terkait sejumlah cara penyadapan dan isu penyadapan yang kini tengah marak. Anda tak perlu jadi terlalu takut alias phobia dengan ponsel. Seperti penyakit dengan obat, juga virus dengan anti virusnya, teknologi penyadapan pun punya penawarnya.

Sejatinya proses penyadapan membutuhkan biaya besar. Jadi, Anda tak perlu takut karena tidak semua orang akan disadap. Namun jika Anda masih tetap takut ada beberapa tips ringan untuk menangkalnya.

1. Menangkal Penyadapan Komunikasi Suara

Meng-enskripsi data suara adalah salah satu cara. Cara kerja enkripsi dilakukan dengan menambahkan kode atau kunci. Percakapan yang Anda lakukan di ponsel itu nantinya akan dibungkus dengan kode-kode. Sehingga hanya bisa dibaca (dengar) dengan ponsel yang memiliki pemecah kode yang sesuai.

Ada beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk keperluan ini adalah:

Cellcrypt

Aplikasi ini dibuat untuk ponsel Symbian 2nd edition. Anda bisa mendownloadnya di Cellcrypt.

Flexi Shield

Selain memiliki aplikasi penyadap, aplikasi ini juga menawarkan aplikasi anti sadap yang disebut Flexi Shield. Silakan kunjungi Flexispy.

2. Menangkal Penyadapan SMS

Ada dua aplikasi yang bisa digunakan yakni Fortress SMS (Fortressmail) dan SMS007. Dimana keduanya diperuntukkan bagi HP Java.

Cara Alternatif

Belakangan ini sejumlah ponsel bermerk lokal memiliki program unik yang berbasis voice changer. Salah satunya adalah ponsel bermerk IMO G531 dengan fitur Magic Sound nya. Meski dibuat untuk keperluan 'iseng' dan fun. Fitur voice changer ini dapat dimanfaatkan untuk menghindari kita dari penyadapan.

Voice changer akan merubah frekuensi suara Anda sehingga dapat berubah menjadi lebih kecil atau besar, menyerupai suara orang lain sehingga suara asli Anda tidak dapat dikenali lawan bicara.

Aktivasi Magic Sound di IMO G531 ini bisa dilakukan sesaat setelah kita menghubungi nomor tujuan. Setelah aktif maka bisa dipastikan si penerima telepon sulit untuk mengenali si empunya suara.

Sampai saat ini belum diketahui apakah ada alat yang bisa mengembalikan suara yang mengalami perubahan frekuensi ini ke frekuensi awal.
Happy to try.