Kamis, 17 September 2009

Potong Dan Mainkan Ringtone-nya

Potong Dan Mainkan Ringtone-nya
Utak-atik ponsel rasanya kurang lengkap kalau tidak menyentuh ringtone atau nada dering. Kalau ringtonenya dibuat asyik, siapapun yang ikut mendengar jadi ikut asyik. Bahkan, beda penelepon bisa kita bikin beda ringtone.

Umumnya, ponsel-ponsel masa kini sudah bisa memainkan ringtone MP3, AAC, AAC+ dan sebagainya. Proses mendapatkan dan pengaturannya pun semakin mudah. Tinggal pilih dari memori dan atur sebagai nada dering.

Sayang, metode ini terkadang bisa menguras memori. Baik di ponsel atau kartu memori. Soalnya jika ingin digunakan untuk masing-masing kontak phonebook, otomatis file audio yang tersimpan pun harus banyak.

Nah, ada cara jitu supaya Anda bisa menghemat ruang memori terkait ringtone yang akan disimpan. Yakni, dengan melakukan pemotongan bagian-bagian tertentu dari lagu yang Anda sukai.

Proses pemotongannya pun bisa langsung dilakukan dari ponsel. Jadi, Anda tak perlu menggunakan lagi aplikasi converter yang biasanya mengandalkan PC. Sayang, aplikasi yang dikenal dengan Fying Ringtone Maker ini sifatnya berbayar.

Namun, untuk sekadar mencobanya, Anda akan diberikan 7 kali proses pemotongan lagu untuk dijadikan ringtone, setelah itu Anda harus membeli kode lisensinya jika ingin terus menggunakan aplikasi tersebut.

1. Download dan instal aplikasi Flying Ringtone Maker ke ponsel. Untuk mendapatkan versi beta nya. Anda bisa mengunjungi Flyingbirdsoft. Sayangnya aplikasi ini baru bisa berjalan di ponsel Symbian s60 3rd dan 5th edition.

2. Setelah terinstal Anda bisa langsung mengklik ikon aplikasi untuk menjalankannya. Ditahap awal biasanya Anda diminta untuk menentukan folder sumber file audio yang akan dipotong. Bisa dari memori ponsel atau kartu memori, tergantung dimana Anda menyimpan file audio tersebut.

3. Berikutnya Anda juga bisa langsung menentukan ingin disimpan dimana hasil editan ringtone. Disini Anda juga dapat mengatur mulai darimana dan sampai dimana proses pemotongan audio berlangsung.

4. Setelah proses pengaturan selesai dilakukan, pilih "Back". Secara otomatis tampilan berikutnya akan menunjukan daftar audio yang bisa Anda pilih untuk dilakukan pemotongan.

5. Tentukan bagian awal ringtone yang ingin Anda potong. Caranya dengan menggunakan tombol navigasi ponsel ke kiri atau ke kanan. Setelah didapat klik "Start". Selain bisa untuk menentukan bagian pemotongan. Anda pun bisa sekaligus mengatur tingkat volume dari nada dering tersebut dengan menekan tombol navigasi ke atas atau ke bawah.

6. Anda tak perlu menunggu untuk mendapatkan bagian akhir pemotongan. Pasalnya, Anda bisa mengaturnya sendiri menggunakan tombol navigasi. Tinggal geser saja ke kanan sampai Anda menemukan bagian ending yang pas. Baru deh klik "Finish", untuk memastikan proses pemotongan selesai.

7. Berikutnya tampilan aplikasi akan menunjukan beberapa fungsi tambahan yang bisa digunakan. Nah, disini Anda bisa mencoba langsung hasil pemotongan tadi. Pilih "Play sound".
Jika menurut Anda sudah okay, lakukan proses penyimpanan dengan mengklik "Save ringtone". Buat nama file ringtone yang barusan Anda buat, OK.
Selesai. Disini Anda sudah memiliki file ringtone dengan kapasitas yang lebih singkat dan lebih hemat memori.

8. Sekarang tinggal memilihnya untuk dijadikan ringtone. Pilih menu "Assign as ringtone", dan tentukan kontak mana yang ingin dipasangkan, OK.