Minggu, 19 Juli 2009

Mengoptimalisasi Kontrol Suara Di Ponsel Musik

Situs Midomi
Teknologi pengenal suara atau biasa disebut dengan voice recognition telah dikenal lama dalam dunia elektronika. Bahkan perkembangannya telah merambah perangkat ponsel dengan beberapa fitur turunan semisal voice dial.
Tinggal ngomong, ponsel langsung menghubungi nomor dimaksud. Fitur ini akan mengenali suara yang datang pada speaker, lalu mengkonversikan menjadi sinyal digital dan diterima oleh mesin input sebagai sebuah perintah.

Ada beberapa tipe voice recognition yang sudah biasa kita dapatkan di ponsel. Sebagian membutuhkan input suara terlebih dahulu sebagai sampel, lalu kita bisa melakukan input suara hanya berdasarkan sampel tersebut. Dan sebagian lain langsung mengenali suara kita tanpa memasukkan sampel. Beberapa ponsel musik telah mengadopsi fitur ini untuk keperluan yang lebih fun. Semisal salah satu produk XpressMusic Nokia 5320. Di ponsel ini ada fitur menarik yang disebut "Say and Play".

Aplikasi Midomi

Langkah 1

Untuk menikmatinya di ponsel Anda bisa membuka halaman situs Midomi terlebih dahulu, silahkan kunjungi situsnya di
Midomi, via komputer. Lalu mendownload file instalernya dari link yang diberikan di situs tersebut.

Langkah 2

Setelah selesai di download, file instaler akan meminta persetujuan Anda untuk menginstalnya ke dalam ponsel. Lalu proses instalasi akan segera usai. Tutup browser, dan cari aplikasi tersebut di ponsel.

Langkah 3

Buka aplikasi Midomi mobile. Aplikasi akan berusaha terkoneksi dengan internet via jalur data yang tengah Anda gunakan. Setelah didapat koneksi, maka aplikasi sudah bisa digunakan.

Langkah 4

Cari file musik dengan cara klik ikon besar yang ada di tengah, lalu nyanyikan atau senandungkan nada lagu yang Anda cari. Trik ini efektif untuk Anda yang lupa judul lagu, teks dan bahkan penyanyinya. Daripada bingung mencoba semua CD di toko musik, cara ini bisa lebih menarik dan fun. Akurasinya masih belum sempurna, namun angka 50% saja sudah bisa didapat. Atau lebarkan kemungkinan tersebut dengan bersenandung lebih lama lagi.

Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar