Minggu, 17 Mei 2009

Akses Ponsel-PC Sama-Sama Cepat Dan Mudah

Aplikasi RDM+
Komputer dan ponsel ibarat Romeo dan Juliet, kedua-duanya pasangan sejati saling melengkapi. Untuk itu para pabrikan sudah sejak lama mengenalkan fitur sinkronisasi antara komputer dan ponsel supaya lebih berdaya-guna. Bahkan sekarangpun Anda bisa mengakses komputer dari mana saja dan kapan saja. Asyiknya lagi, Anda tak membutuhkan ponsel yang mahal, cukup yang menjalankan aplikasi Java dan support akses internet (GPRS/3G). Adalah RDM+ aplikasi yang memungkinkan Anda mengakses isi komputer dari ponsel via jaringan internet. Disini ponsel Anda akan berfungsi sebagai remote. Jadi Anda dapat mengontrol menu komputer dari jarak jauh.

Cara kerja RDM+ cukup sederhana, komputer Anda akan dihubungkan ke server via internet. Selanjutnya, Anda dapat mengaksesnya lewat ponsel atau komputer lainnya. Soal keamanan, RDM+ sudah menjaminnya dengan menerapkan enkripsi 3DES algoritma 28-bits pada setiap data yang ditransfer. Bahkan katanya, RDM server sendiri tak bisa men-descrypt data tersebut dan tak bisa juga mengambil akun komputer kita.

Mau mencobanya? Gampang kok, RDM memberi waktu tujuh hari untuk masa percobaan.

Berikut caranya:

1. Silahkan download aplikasi RDM+ dari RDMplus. Aplikasi RDM+ terdiri dua bagian, yaitu untuk di pasang di komputer dan ponsel.

2. Pada waktu pemasangan aplikasi di komputer, Anda akan diminta memasukkan akun dan password. Silahkan isi dan akun ini nantinya harus dimasukkan ke ponsel Anda.

3. Sekarang masukan nama dan alamat email Anda sebagai syarat pendaftaran layanan RDM+. Setelah itu akan muncul jendela yang memberitahukan pemasangan video hook driver dan jangan kaget jika layar monitor Anda akan berkedip sesaat.
Pemasangan aplikasi di komputer selesai dan Anda akan mendapatkan nomor komputer Anda. Nah, nomor tersebut nanti harus diset di aplikasi klien yang dipasang di ponsel.
Sekarang bagian memasang aplikasi di ponsel. Aplikasi ini berbasis Java dan bisa digunakan untuk bermacam tipe dan merek. Selain Java, ada juga aplikasi untuk BlackBerry dan Windows Mobile. Untuk mendapatkannya bisa lewat wap di alamat http://wap.rdmplus.com. Setelah dipasang, lalu aktifkan. Karena kita hanya mencoba, pilih mode "Try" dan apabila ada permintaan untuk diijinkan menggunakan jaringan internet pilih "Ya".

5. Berikutnya kita masukkan nomor komputer dan akun kita caranya dari menu "Pilihan", pilih "New Address". Pilih profil yang baru dibuat tadi lalu masuk ke menu "Pilihan" dan klik "Connect".

6. Saatnya mencoba RDM+ untuk mengakses file komputer kita. Nah, tekan menu atau tombol tengah, pilih "File Manager". Tampilan folder pada layar ponsel sama dengan yang ada di monitor komputer Anda. Anda bisa melakukan pekerjaan seperti copy, paste, atau membuka file tersebut.

Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar