Sabtu, 25 April 2009

Semakin Mudah Dengan File Manager Pilihan

Mengatur file sepertinya sepele. Tapi jangan salah, bakal banyak gunanya. Dengan file yang teratur Anda akan dimudahkan dalam urusan mencari data-data penting yang terdapat di dalam ponsel seperti gambar, pesan atau data pribadi lainnya. Meski rata-rata ponsel terbaru sudah dibekali dengan file manager, tidak sedikit pengembang aplikasi pihak ke-3 yang ikut menawarkan aplikasi serupa. Bahkan diantaranya memiliki fitur dan kemampuan yang lebih baik dibanding aplikasi bawaan ponsel. Asyiknya lagi, aplikasi ini justru banyak diberikan secara gratis. Banyak pilihan dan boleh dibilang masing-masing memiliki keunggulan sendiri dan saling melengkapi satu sama lainnya. Nah, apabila Anda termasuk yang tidak puas dengan fitur pengatur file standar, aplikasi-aplikasi pengatur file berikut ini bisa dijadikan pilihan.

SeleQ

Seleq
SeleQ boleh dibilang pelopor aplikasi pengatur file. Aplikasi ini hadir sejak ponsel Symbian edisi awal. Jadi tak heran jika SeleQ sudah cukup familiar dikalangan pengguna ponsel. Aplikasi yang dikreasi oleh Ximplify ini mendukung Symbian edisi 1 dan 2. Selain fitur standar SeleQ dilengkapi juga dengan kemampuan perekam layar(print screen) dan pemutar musik. Jadi, ketika Anda ingin menikmati musik, cukup pilih lewat aplikasi SeleQ dan mainkan. Kemampuan lainnya yang tak kalah menarik adalah sudah disertakannya fungsi pengunci tombol atau keylock. SeleQ bisa Anda download di sini.



F Explorer

F-Explorer
Pengatur file ini merupakan software gratisan. Tapi jangan salah kemampuannya tetap bisa bersaing dengan aplikasi berbayar. Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk menampilkan logo operator dan juga bisa membaca password MMC (khusus di Symbian 1st edition). F Explorer terus dikembangkan oleh developernya. Dan kini versi terbarunya sudah mendukung ponsel-ponsel Symbian edisi 3. Fitur spesial FExplorer diantaranya bisa langsung membuat logo operator dari file gambar yang ada, screenshot (perekam gambar layar) dan ada fasilitas kompres memori. FExplorer banyak tersedia di situs atau forum online. Salah satunya di GoSymbian.


Y-Browser

Y-Browser
Y-Browser juga termasuk freeware, secara umum fungsinya tak jauh berbeda dengan yang lain. Meski begitu, Y-Browser tetap punya kelebihan. Salah satunya dengan menu untuk menyembunyikan file(hidden). Y-Browser hadir untuk pertama kali sebagai aplikasi pengatur file Symbian edisi 3 tapi kini Y-Browser telah tersedia untuk piranti Symbian edisi 2. Anda bisa mendapatkannya di Symbian Freeware.





SysExplorer

Satu lagi aplikasi serupa yakni SysExplorer. Fiturnya kurang lebih mirip YBrowser dan SysExplorer tersedia untuk pengguna ponsel Symbian s60 edisi 2 dan 3 dan UIQ. Sebagai aplikasi freeware, SysExplorer tak kalah mantap dengan yang lain. Kehadiran informasi hardware memudahkan Anda memantau kinerja ponsel termasuk diantaranya memori layar dan informasi perangkat. Untuk mendapatkannya silahkan kunjungi My Symbian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar