Kamis, 19 Februari 2009

Overclocking Pocket PC

XCPUScalar
Tidak semua pemilik Pocket PC puas dengan kinerja perangkat yang dimilikinya. Entah kecepatan akses dan loading aplikasinya yang lambat atau kemampuan memainkan video dan MP3 yang kurang baik. Kinerja Pocket PC, terutama kecepatan CPU atau prosesornya dapat ditingkatkan melalui Overclocking. Overclocking merupakan proses untuk menjalankan prosesor Pocket PC supaya bekerja diatas kecepatan default yang melampaui spesifikasi pabrikan. Misalnya, jika CPU Pocket PC Anda memiliki speed default 316 Mhz, dengan proses ini Anda dapat meningkatkannya menjadi 400 Mhz. Berikut ini adalah beberapa tool sekaligus langkah-langkah singkat untuk melakukan Overclocking. Peringatan! Proses ini beresiko tinggi. Overclock yang berlebihan akan menyebabkan Pocket PC menjadi hang atau rusak sama sekali. Jadi gunakan tips ini secara bijak. Lakukan dengan resiko Anda sendiri.

OVERCLOCKING DENGAN XCPUScalar

XCPUScalar adalah salah satu software yang disarankan oleh overclocker Pocket PC. Selain mudah dioperasikan, fasilitas cukup lengkap dan mudah dimengerti. Meski tak 100% gratis, namun Anda sudah bisa menaikkan speed CPU Anda dengan versi gratisannya (trial). Dapatkan softwarenya di Upgrade Your PC. Setelah terinstal akan muncul ikon di menu program. Tekan menu tersebut untuk mengakses aplikasi ini. Sebelumnya Anda harus mengetahui kecepatan procesor Pocket PC Anda, misalnya ARM Xscale 200 Mhz. Anda dapat menambah kecepatannya dengan menekan tab speed dan menggeser slider dari arah slower ke faster. Geser sedikit kemudian tekan "OK". Jika Pocket PC Anda berjalan stabil dan tidak mengalami gangguan, lakukan kembali penambahan speed dengan sedikit menggeser slider ke kanan, kemudian memencet tombol "OK". Lakukan hingga kecepatan Pocket PC Anda dirasa cukup memadai dan sistem Pocket PC Anda masih stabil. Untuk melakukan pembatalan pengaturan masuklah ke menu FILE > CANCEL.

Untuk mengetahui kestabilan sistem, Anda dapat mengakses tab meters. Terdapat menu CPU meter, battery life, memory storage dan memory program. Untuk mengetahui load kerja CPU fokuskan pada menu CPU meter. Untuk pengaturan lebih lanjut masuklah ke menu ADVANCED SPEED SETTING. Disitu Anda akan mendapatkan pilihan seberapa penuh kecepatan CPU yang akan Anda gunakan. Jika Anda masih penasaran dan ingin meningkatkan kecepatan prosesor Pocket PC Anda diatas 500 Mhz. Perlu diingat meningkatkan speed diatas 500 Mhz cukup beresiko besar dan mungkin tidak berhasil dilakukan pada Pocket PC Anda.

OVERCLOCKING DENGAN POCKET HACK MASTER

Pocket Hack Master juga banyak disarankan oleh overclocker Pocket PC. Anda dapat mendownload versi trialnya di Antontomov. Untuk menentukan seberapa jauh Anda bisa 'menarik' prosesor Pocket PC Anda, ada baiknya Anda melakukan test dahulu. Caranya masuklah ke menu SPEED CONFIGURATION. Sebagai contoh jika Anda memiliki Pocket PC berkecepatan CPU 300 Mhz, Anda bisa memilih untuk melakukan test mulai dari 308 Mhz hingga 3-4 speed diatasnya. Tekan tombol "test" ujicoba akan segera dimulai. Jika lulus, lakukan test kembali hingga Anda mencapai kecepatan tertinggi. Selanjutnya Anda dapat menetapkan kecepatan yang Anda inginkan melalui menu "set device speed". Jika Anda mengetahui stabilitas kinerja Pocket PC Anda setelah overclocking, pilih menu "CPU load monitor".

BENCHMARKING

Setelah meng-overclock Anda dapat melakukan proses benchmarking atau pengukuran kinerja. Gunakan aplikasi spb benchmark. Lakukan benchmark sebelum dan sesudah proses overclocking dan bandingkan hasilnya.

Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar