Senin, 12 Mei 2008

10 Cara Memilih Web Hosting Yang Handal

Web Hosting Yang Handal
Web Hosting, tentunya anda-anda sekalian tidak asing dengan kata atau istilah tersebut, mungkin banyak dari kita yang sudah menggunakan layanan suatu web hosting untuk website kita, baik untuk perorangan atau perusahaan. Perusahaan yang menyediakan layanan web hosting tersedia banyak sekali, yang tentu dari kualitas pelayanan dan harga yang ditawarkan untuk dapat menggunakan layanan web hosting dari mereka juga sangat bervariasi. Untuk anda yang sudah berpengalaman mungkin tidak sulit utnuk menentukan web hosting mana yang mau digunakan. Sebenarnya ada tips dan trik yang mudah untuk mengenali penyedia layanan web hosting yang baik, diantaranya adalah sebagai berikut ini:

1. Dapat Diandalkan
Web server yang sudah disewa harus dapat selalu diakses dengan kcepatan yang baik waktu berfungsinya ( uptime ) juga harus terjamin. Minimal 99,5% waktu dalam 1 tahun web server harus dapat diakses. Perhatikan, siapa tahu pemberi layanan bersedia memberi potongan harga jika server mengakibatkan situs tidak dapat diakses.

2. Ada dukungan Teknis
Dukungan teknis ini jangan dianggap remeh. Suatu aketika kalau terjadi sesuatu pada web server, petugas teknis inilah yang harus bisa dihubungi. Amat baik kalau petugas dukungan teknis ini siap sedia membantu 24 jam sehari, 7 hari dalam seminggu. Jangan siap sedia menerima keluhan saja, petugas dukungan teknis juga harus bisa memberikan solusi.

3. Instalasi fitur Tambahan
Beberapa pemberi layanan web hosting tidak membolehkan penginstalan PHP, script CGI tanpa izin. Andai saja situs web yang hendak di-host disitu membutuhkan PHP, script CGI, Telnet, akses SSH dan sebagainya, maka beberapa waktu dibutuhkan sebelum situs web bisa di-host ke server.

4. Server
Sistem operasi yang digunakan web server juga harus diperhatikan. Andai saja situs yang di-host daibangun menggunakan ASP, mau tak mau web server bersistem operasi Windows-lah yang dipilih. Pilihan lain adalah server yang memiliki sistem operasi berbasis linux.

5. Kuota Transfer Data yang Memadai
Kuota transfer data sering juga disebut dengan taffic atau bandwith adalah jumlah byte yang ditransfer dari situs web orang yang mengunjungi situs web. Brower milik pengunjung akan mengunduh beberapa file milik situs web. Jumlah data yang ditransfer dari web server ke komputer pengunjung biasanya dibatasi. Misalnya sebuah layanan memberikan kuota 1GB perbulan. Semakin banyak pengunjung kesitus web, semakin cepat kuota 1GB itu habis. Kalau dalam 1 bulan data yang ditransfer lebih dari 1 GB, maka setiap 1MB lebihnya akan dikenai biaya. Beberapa layanan bahkan memblok akses ke situs web.

6. Panel Kotrol Yang User Friendly
Panel kontrol, tempat mengonrol situs web, seperti menambah dan menghapus file atau alamat e-mail, serta mengubah password, abiknya tersedia. Jangan sampai untuk menambah dan menghapus file, yang sepertinya bakal sering dilakukan, harus dilakukan oleh petugas dukungan teknis.

7. Subdomain
Andai situs akan memiliki subdomain, maka pastikan pemberi layanan web hosting emberikan fitur ini. Subdomain.

8. Tersedia layanan E-mail
Biasanya setiap layanan akan mengizinkan pembuatan e-mail. Perhatikan juga ada tidaknya POP3, respon otomatis dan forwarding.

9. Ruang Yang cukup
Situs web dibangun dari berbagai file. Ukuran totalnya bisa bervariasi, tergantng elemen pembangun, gambar, teks, animasi dan elemen lainnya. Perhatikan jumlah ruang yang disewakan dan bandingkan dengan harganya. Biasanya, paket awal menawarkan ruang server sebesar 20 MB. Pilih pemberi layanan yang memungkinkan kita mengupgrade ruang atau space untuk website kita.

10. Harga Yang seimbang dengan kualitas layanan.
Harga dan layanan yang diberikan harus seimbang. Baiknya, bandingkan dulu beberapa pemberi layanan sebelum memilih. Jangan seperti beli kucing dalam karung, kita harus benar-benar mengetahui kualitas yang mereka tawarkan, sehingga kita tidak akan kecewa dikemudian hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar