Jika Anda memasukkan sebuah kata yang umum di Google, misalnya Microsoft maka website www.microsoft.com akan muncul pada urutan pertama, dan di bawahnya ada sekitar empat baris yang berisi link-link dalam web tersebut. Itu yang disebut "Google Sitelinks".
Baru dibawahnya ada urutan kedua, ketiga, dan seterusnya. Seolah-olah web tersebut istimewa sekali di mata Google. Ternyata bukan hanya situs-situs raksasa saja yang mendapatkan Google Sitelinks, blog Andapun dapat memilikinya. Bagaimana cara mendapatkannya?
Sayangnya, tidak ada dokumen resmi dari Google yang menjelaskan secara detail agar web atau blog Anda mendapatkan Sitelinks. Dokumen resmi dari Google yang dapat dijadikan referensi adalah ini.
Dari hasil browsing dan membaca dokumen tadi, ada beberapa faktor atau cara untuk mendapatkan Google Sitelinks:
1. Harus menjadi nomor satu untuk kata kunci tertentu di Google
Di Google Search Result, hanya sebuah situs yang mendapat Google Sitelinks yaitu situs yang berada diurutan pertama untuk kata kunci tertentu.
Untuk mendapat peringkat tinggi di search engine dapat digunakan teknik SEO, yang teknik dasarnya ada dua, yaitu:
* Membuat artikel original (bukan copy-paste) yang berkualitas.
* Mengusahakan halaman lain memasang link ke halaman tersebut.
2. Dalam homepage minimal ada tiga link
Mengutip pernyataan Google:
"We only display sitelinks when a site has a minimum of three sitelinks available".
Jadi sebuah halaman website yang didalamnya berisi sebuah animasi flash yang menawan dan hanya ada satu tombol untuk masuk atau login, tidak bisa mendapatkan sitelinks dari Google.
3. Link tersebut banyak diklik pengunjung situs Anda
Mengutip pernyataan Google:
"We only show sitelinks for results when we think they’ll be useful to the user".
Kata “useful to the user” diartikan bahwa pembaca yang datang ke homepage Anda, banyak yang mengklik link tersebut.
4. Relevan dengan kata yang dimasukkan pengunjung ke Google
Mengutip pernyataan Google:
"(If) we don’t think that the sitelinks for your site are relevant for the user’s query, we won’t show them".
Ini berarti link-link dalam sitelink harus cocok dan relevan dengan kata kunci yang dimasukkan pengunjung.
5. Umur situs atau jumlah pengunjung
Ada referensi yang menuliskan bahwa umur situs harus minimal dua tahun untuk mendapatkan sitelinks, itu tidak benar! Dan diperkirakan Google juga mempertimbangkan jumlah pengunjung atau pageview. Hampir bisa dipastikan situs yang menjadi nomor 1 di Google untuk kata kunci yang umum akan mendapatkan pengunjung yang melimpah.
Baru dibawahnya ada urutan kedua, ketiga, dan seterusnya. Seolah-olah web tersebut istimewa sekali di mata Google. Ternyata bukan hanya situs-situs raksasa saja yang mendapatkan Google Sitelinks, blog Andapun dapat memilikinya. Bagaimana cara mendapatkannya?
Sayangnya, tidak ada dokumen resmi dari Google yang menjelaskan secara detail agar web atau blog Anda mendapatkan Sitelinks. Dokumen resmi dari Google yang dapat dijadikan referensi adalah ini.
Dari hasil browsing dan membaca dokumen tadi, ada beberapa faktor atau cara untuk mendapatkan Google Sitelinks:
1. Harus menjadi nomor satu untuk kata kunci tertentu di Google
Di Google Search Result, hanya sebuah situs yang mendapat Google Sitelinks yaitu situs yang berada diurutan pertama untuk kata kunci tertentu.
Untuk mendapat peringkat tinggi di search engine dapat digunakan teknik SEO, yang teknik dasarnya ada dua, yaitu:
* Membuat artikel original (bukan copy-paste) yang berkualitas.
* Mengusahakan halaman lain memasang link ke halaman tersebut.
2. Dalam homepage minimal ada tiga link
Mengutip pernyataan Google:
"We only display sitelinks when a site has a minimum of three sitelinks available".
Jadi sebuah halaman website yang didalamnya berisi sebuah animasi flash yang menawan dan hanya ada satu tombol untuk masuk atau login, tidak bisa mendapatkan sitelinks dari Google.
3. Link tersebut banyak diklik pengunjung situs Anda
Mengutip pernyataan Google:
"We only show sitelinks for results when we think they’ll be useful to the user".
Kata “useful to the user” diartikan bahwa pembaca yang datang ke homepage Anda, banyak yang mengklik link tersebut.
4. Relevan dengan kata yang dimasukkan pengunjung ke Google
Mengutip pernyataan Google:
"(If) we don’t think that the sitelinks for your site are relevant for the user’s query, we won’t show them".
Ini berarti link-link dalam sitelink harus cocok dan relevan dengan kata kunci yang dimasukkan pengunjung.
5. Umur situs atau jumlah pengunjung
Ada referensi yang menuliskan bahwa umur situs harus minimal dua tahun untuk mendapatkan sitelinks, itu tidak benar! Dan diperkirakan Google juga mempertimbangkan jumlah pengunjung atau pageview. Hampir bisa dipastikan situs yang menjadi nomor 1 di Google untuk kata kunci yang umum akan mendapatkan pengunjung yang melimpah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar