Selasa, 02 Januari 2007

Mengirimkan Sitemap Blog Ke Webmaster Google

Google Webmasters Tools
Mengirimkan sitemap blog ke Google Webmaster akan mempermudah Google untuk menemukan, mengindeks, dan memberikan peringkat pada blog Anda. Bagi mereka yang baru mengenal ini, Anda dapat mengunjungi situs webmaster di Google Webmasters Tools untuk menambahkan blog Anda ke webmaster.
Setelah login menggunakan akun Google Anda, masukkan URL blog Anda, dan klik OK. Anda kemudian akan diminta untuk memverifikasi blog. Hal ini untuk memastikan bahwa Anda benar-benar pemilik blog.

Ada dua cara untuk memverifikasi blog. Anda bisa menambahkan metatag atau upload sebuah file HTML. Jika Anda menggunakan metode metatag, Google akan membuat kode metatag, salin metatag yang dihasilkan untuk Anda, dan sisipkan di template blog Anda di dalam kotak edit html. Dan yang harus Anda lakukan adalah pergi ke Dashboard Blogger Anda? Klik Rancangan, Edit HTML.

Cara menambahkan meta tag sebagai berikut:

Cari tag <head>

<META TAG>

<b:include data='blog' name='all-head-content'/>

META TAG ganti dengan kode yang dihasilkan oleh Google Webmaster / ", contoh <meta name="verify-v1" content=".................................=" />. Setelah selesai, simpan template. Bila Anda kembali ke Google Webmaster situs, Anda dapat mengklik tombol yang menyatakan "Verifikasi".

Note: metode kedua dengan mengupload sebuah file HTML. Ini tidak berlaku untuk blog yang menggunakan platform blogspot karena mengharuskan Anda untuk meng-upload file ke direktori root dari blog Anda, yang tidak mungkin bisa dilakukan via Blogger. Cara yang pertama lebih mudah diterapkan bagi Anda untuk memeriksa blog Anda yaitu dengan cara memasukkan metatag seperti yang dijelaskan di atas.

Setelah Anda memiliki blog yang telah diverifikasi, klik pada tab sitemap. Dengan menambahkan sitemap, Anda akan memberitahukan ke Google dengan rincian lebih lanjut dan informasi tentang blog Anda. Dengan ini, Google akan menjelajah situs Anda, informasi mengenai kesalahan dalam sitemaps, duplikat judul/deskripsi, indeks blog Anda, dan lain-lain. Klik link "Add Sitemap", isi kolom kosong yang ada dibelakang alamat blog Anda dengan sitemap xml pilihan Anda seperti contoh dibawah ini.

http://namablog-Anda.blogspot.com/rss.xml

atau

http://namablog-Anda.blogspot.com/atom.xml

- Kembali ke pengaturan blogger Anda klik "feed situs" isikan alamat feed dibawah ini pada kolom "Posting URL Pengubahan Arah Feed" dengan http://namablog-Anda.blogspot.com/feeds/posts/default?orderby=updated. Jangan lupa untuk mengganti dengan namablog-Anda dengan nama blog milik Anda. Untuk blog dengan menggunakan domain blogspot, jangan menambahkan "www".

Setelah Anda menambahkan sitemap Anda dan diterima oleh Google (terlihat tanda contreng hijau). Anda akan menerima laporan-laporan yang dihasilkan, tetapi "mungkin memakan waktu beberapa jam untuk melakukan pembaruan".

Untuk memeriksa sitemap Anda di search engine, masukkan kata kunci site:namablog-Anda.blogspot.com di search engine Google.
Bila nama judul-judul artikel blog Anda tampil di hasil pencarian tadi berarti sitemap Anda telah terindeks oleh Google.

Selamat! Anda telah berhasil menambahkan sitemap Anda. Ketika Anda login ke Google Webmaster, di kemudian hari Anda dapat melihat halaman yang diindeks, statistik Google webcrawl, dan lainnya dari blog Anda. Jangan dihapus metatag yang telah ditempatkan dalam template jika Anda ingin selalu melihat statistik situs Anda. Jika Google tidak dapat menemukan metatag, Google akan menampilkan pesan kesalahan dalam Toolbox webmaster Anda dan Anda mungkin harus memverifikasi kembali situs.

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar