Kamis, 11 Desember 2008

Memperbaiki Windows 98 dan Windows Me

Windows Me
Jika Windows Anda tiba-tiba tampak aneh, muncul pesan-pesan error maupun tidak sejalan seperti biasanya, mungkin Windows Anda sedang bermasalah. Ini bisa disebabkan karena ditemukannya error maupun kerusakan pada registry dan file sistem yang mendukung kerja Windows tersebut.
Kerusakan system file dan registry bisa disebabkan karena mungkin Anda pernah menginstal software/program/aplikasi baru, menghapus (uninstall) program/software/aplikasi yang lama.

Untuk menyelesaikan masalah ini sangat mudah dan gampang. Anda bisa secara cepat mengembalikan setting dan konfigurasi Windows Anda pada keadaan sebelumnya dengan sekejap. Caranya, jika Anda sedang dalam sistem operasi Windows, pindah dulu mode sistem menjadi mode MS-DOS. Tutup semua aplikasi yang sedang terbuka, kemudian klik Start > Shut Down, kemudian pilih Restart in MS-DOS mode dan klik OK, dan sekarang Anda sudah masuk mode MS-DOS. Anda juga bisa masuk mode MS-DOS menggunakan CD-ROM maupun disket yang bootable.

Dalam mode MS-DOS ini ketik perintah berikut ini:

SCANEG/RESTORE

Perintah ini akan membawa Anda pada tampilan layar seperti berikut ini:

Di sana terlihat beberapa file backup registry dan file system Windows yang dikemas dalam file bereksistensi *.cab dan tersusun berdasarkan tanggal. Tekan tombol ke bawah untuk mencari tanggal di mana komputer dalam keadaan yang masih baik. Jika sudah, tekan tombol Enter pada keyboard, tunggu prosesnya, kemudian tekan Enter lagi untuk merestart, dan... tada!!! Windows Anda sudah kembali seperti semula.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar